Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Metode Demonstrasi Dengan Media Sempoa Pada Anak Kelompok b1 Di Tk Amelia Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017
Abstract
Kogintif merupakan salah satu aspek yang perlu dikembangkan pada anak
usia dini. Aspek perkembangan kognitif dapat dikembangkan dalam belajar
matematika. Anak belajar matematika seperti menyebut bilangan, menghitung
urutan bilangan dan penguasaan penjumlahan. Matematika pada anak dapat
dikenalkan melalui media, seperti media sempoa. Berdasarkan observasi dan
wawancara ditemukan dari 18 anak yang belum tuntas ada 11 anak yaitu 5 anak
dengan nilai kurang dan 6 anak dengan nilai cukup, sedangkan yang sudah tuntas
ada 7 anak yaitu 2 anak dengan nilai baik dan 5 anak dengan nilai sangat baik.
Penyebab yang mendasari kemampuan berhitung anak belum berkembang secara
optimal yaitu kegiatan pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, guru
hanya menuliskan angka-angka di papan tulis dan anak menyalin tulisan tersebut
pada buku tulis masing-masing, untuk itu perlu adanya variasi kegiatan
pembelajaran yaitu kegiatan pembelajaran dengan media sempoa.