• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Pokok Bahasan Sifat - Sifat Cahaya di SDN Gebang 03 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Khofiya Ika Swandani 130210204095.pdf (2.603Mb)
    Date
    2018-05-24
    Author
    Swandani, Khofiya Ika
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penerapan metode-metode pembelajaran dapat mengembangkan seluruh potensi peserta didik secara optimal dan meningkatkan hasil belajar. Dalam pembelajaran IPA diharapkan tidak hanya memberikan kemampuan supaya siswa dapat memecahkan soal-soal yang berkaitan dengan konsep IPA, tetapi mampu berfikir kritis, logis dan dapat memecahkan masalah dengan kreatif dan inovatif. Salah satu metode yang dapat dikembangkan agar siswa aktif dalam pembelajaran yaitu metode eksperimen. Metode eksperimen merupakan metode mengajar yang dalam penyajian atau pembahasan materinya melalui percobaan atau mencobakan sesuatu. Keterlibatan siswa secara fisik, mental dan emosional siswa dalam metode ini diharapkan bisa menumbuhkan rasa percaya diri dan perilaku siswa yang kreatif, sehingga diharapkan dapat berdampak positif terhadap hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V pokok bahasan sifat-sifat cahaya di SDN Gebang 03 Jember semester genap tahun 2016/2017. Pengambilan data dalam penelitian ini dilaksanakan di SDN Gebang 03 Jember, pada tanggal 10 April 2017 – 28 April 2017. Populasi penelitian adalah siswa kelas VA dengan jumlah sebanyak 31 siswa dan siswa kelas VB dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pola pre-test dan post-test control group design. Pengumpulan data menggunakan metode x observasi, metode dokumentasi dan tes (yang berupa tes tulis pilihan ganda dalam bentuk pre-test dan post-test). Sebelum diadakan proses pembelajaran dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan data hasil ulangan harian 1 mata pelajaran IPA. Data yang dianalisis berupa selisih antara skor pre-test dan post-test, baik kelas VA (kelas eksperimen) dan kelas VB (kelas kontrol) data tersebut digunakan untuk menghitung t-test. Hasil dari perhitungan tersebut menunjukkan nilai thitung = 7,604. Hasil thitung tersebut kemudian dikonsultasikan pada ttabel dengan taraf signifikansi 5% untuk uji kedua pihak. Pada taraf signifikan 5% dengan df 59 adalah 1,671. Terlihat bahwa thitung ≥ ttabel yaitu 7,604 ≥ 1,671 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif antara hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen. Diperkuat dengan perhitungan keefektifan relative (ER) yakni sebesar 56,61% Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode eksperimen berpengaruh terhadap hasil belajar IPA di SDN Gebang 03 Jember. Metode ini juga membantu peserta didik dalam mengkonstruksi pengetahuannya sendiri melalui percobaan yang mereka lakukan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85770
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository