Show simple item record

dc.contributor.advisorWahyuni, Dwi
dc.contributor.advisorFikri, Kamalia
dc.contributor.authorAgustinah, Hersi
dc.date.accessioned2018-05-22T03:18:02Z
dc.date.available2018-05-22T03:18:02Z
dc.date.issued2018-05-22
dc.identifier.nimNIM130210103033
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85755
dc.description.abstractModel pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola untuk menyampaikan materi dalam pembelajaran. Perkembangan model pembelajaran dari waktu ke waktu terus mengalami perubahan. Model-model pembelajaran tradisional kini mulai ditinggalkan berganti dengan model yang lebih modern. Salah satu model pembelajaran yang kini mendapat respon adalah model pembelajaraan kooperatif atau Cooperatif learning. Salah satu tipe model pembelajaran kooperatif adalah CIRC (Cooperative integrated reading and composition). Pembelajaran kooperatif tipe CIRC adalah sebuah program komprehensif dalam pembelajaran membaca dan menulis. Model ini menuntut siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran, sehingga dominasi guru dalam pembelajaran menjadi berkurang. Salah satu kelemahan model CIRC yaitu membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Untuk meminimalisir kelemahan ini maka peneliti mengembangkan model CIRC dengan mind mapping yang dapat mengefisienkan waktu individu dalam mempelajari suatu informasi. Mind mapping dipadukan dengan CIRC merupakan inovasi baru yang memadukan cara belajar mengkontruksikan konsep secara mandiri, sehingga siswa akan lebih mampu mengalami, mamahami, mengingat dan mengaplikasikan materi yang telah diberikan. Oleh karena itu, pengembangan model pembelajaran sebagai upaya untuk menaikkan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran biologi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengetahui hasil validasi produk pengembangan model pembelajaran CIRC (Cooperative integrated reading and composition) dengan Mind Mapping, 2) mengetahui efektivitas produk pengembangan model pembelajaran CIRC (Cooperative integrated reading and composition) dengan mind mapping, dan 3) mengetahui kepraktisan produk pengembangan model pembelajaran CIRC (Cooperative integrated reading and composition) dengan mind mapping. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan yang dilaksanakan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tanggul. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Mei 2017 semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 5 dan X MIPA 1 semester genap tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode validasi, obervasi, angket dan tes. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: (1) melakukan pengumpulan informasi; (2) melakukan perancangan (merumuskan tujuan penelitian, memperkirakan waktu yang diperlukan, prosedur kerja penelitian); (3) mengembangkan bentuk produk awal (perancangan draf awal produk); (4) melakukan uji coba lapangan permulaan; (5) melakukan revisi terhadapa produk utam; (6) melakukan ujicoba lapangan utama; (7) melakukan revisi terhadap uji lapangan utama. Perhitungan hasil valdasi produk dilakukan dengan mengunakan lembar validasi oleh ahli pengembangan dan pengguna (guru), sedangkan untuk kepraktisan produk diukur menggunakan angket respon siswa dan keterlaksanaan pembelajaran yang diamati oleh observer, dan untuk hasil belajar diukur dengan memberikan tes pada saat sebelum penerapan produk dan sesudah penerapan produk. Uji coba produk dilakukan dalam kelompok kecil menggunakan sembilan siswa kelas X MIPA 5 untuk melihat keterlaksanaan model dan keterbacaan LKS, sedangkan untuk uji skala luas menggunakan 1 kelas siswa kelas XI MIPA untuk melihat keefektifan dan kepraktisan produk. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa hasil validasi produk semua aspek berkategori baik dan sangat baik. Hasil validasi produk model terdiri dari 8 aspek, yaitu aspek teori pendukung; aspek karakteristik; aspek sintaks; aspek sistem sosial, aspek prinsip reaksi; aspek sistem pendukung; aspek dampak instruksional dan pengiring; aspek pelaksanaan. Hasil penilaian dari validator 1 sebesar 73,95 dengan kategori layak, penilaian dari validator 2 sebesar 87,51 dengan kategori sangat layak dan penilaian dari validator 3 sebesar 91,14 dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian dari ketiga validator kemudian di rata-rata didapatkan nilai rata-rata sebesar 84,51 dengan kriteri sangat layak. Hasil penilaian perangkat pembelajaran (RPP) secara keseluruhan skor rata-rata aspek penilaian 86,38 dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian Lembar kerja siswa dari semua aspek berkategori layak dengan nilai sebesar 80,03, terdiri dari 4 aspek yaitu, format, ilustrasi, bahasa, dan isi. Hasil uji kepraktisan produk berdasarkan data keterlaksanaan model dan respon siswa menunjukkan praktis. Berdasarkan hasil analisis keterlaksanaan model pada pertemuan pertama sampai pertemuan ketiga keterlaksanaan pembelajaran berkisar antara 82% sampai 89%, hal ini menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan berkategori sangat layak. Sedangkan berdasarkan respon siswa memiliki persantase skor sebesar 74,44% yang memiliki kategori baik. Hasil uji keefektifan produk termasuk kategori efektif, dengan hasi tes sebelum dan sesudah penggunaan model nilai test siswa meningkat. Skor rata-rata pretest adalah 47,61 dan skor rata-rata postest 62,55.Dari uji T-Paired didapatkan nilai signifikansi 0,000 < 0.05, maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pada data pretest dan posttest yang artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran CIRC dengan mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar biologien_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210103033;
dc.subjectModel Pembelajaran CIRCen_US
dc.subjectMind Mappingen_US
dc.subjectHasil Belajar Biologien_US
dc.titlePengembangan Model Pembelajaran Circ (Cooperative Integrated Reading and Composition) Dengan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record