Strategi Saluran Distribusi Kerajinan Kulit Pada UD. Seroja Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur
Abstract
Salah satu kegiatan yang mempunyai peranan penting dalam suatu unit usaha yaitu mendistribusikan barang dan jasa kepada kelompok pembeli atau konsumen. Untuk melaksanakan kegiatan yang sedang dijalankan, unit usaha tersebut harus mampu membentuk saluran distribusi yang berfungsi untuk membantu perusahaan dalam menyebarkan dan mendekatkan produk-produknya kepada konsumen, sehingga konsumen akan lebih mudah untuk mendapatkan barang yang diinginkan. Adanya saluran distribusi juga perlu dilakukan berbagai strategi untuk tercapainya kegiatan distribusi yang baik. Oleh karena itu, dengan adanya strategi saluran distribusi yang baik, maka penyebaran produk serta jangkauan ke daerah pemasaran semakin luas. Semakin baiknya strategi saluran distribusi yang digunakan oleh produsen dengan ataupun tanpa perantara, menyebabkan produsen dapat menguasai pasar lebih luas. Hal tersebut karena konsumen secara mudah mendapatkan produk yang diinginkan. Begitu juga dengan UD. Seroja Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo untuk dapat memperlancar pemasaran produknya dilakukan beberapa strategi dalam kegiatan saluran distribusinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi saluran distribusi yang diterapkan pada kerajinan kulit UD. Seroja Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di UD. Seroja terletak di Jalan Raya Kludan Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo, sedangkan untuk menentukan subjek dan informan penelitian menggunakan metode purposive yaitu pemilik UD. Seroja, perantara (pengecer), dan karyawan (bagian distribusi dan bagian toko) UD. Seroja. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari
ix
metode: wawancara, observasi, dan dokumen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi (conclusion drawing/verification).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi saluran distribusi yang digunakan oleh kerajinan kulit UD. Seroja pada kegiatan distribusinya adalah Strategi saluran distribusi yang digunakan oleh kerajinan kulit UD. Seroja pada kegiatan distribusinya adalah dengan strategi distribusi intensif dan strategi distribusi selektif. Pelaksanaan strategi distribusi intensif diterapkan pada saluran distribusi langsung atau saluran tingkat nol dan pada saluran distribusi tidak langsung atau saluran tingkat pertama jenis pengecer toko. Sedangkan pelaksanaan strategi distribusi selektif diterapkan pada saluran distribusi tidak langsung yaitu pada pengecer sales.
Cara yang dilakukan oleh pemilik UD. Seroja dalam menyalurkan produk secara intensif pada distribusi langsung ini dengan membuka showroom di pinggir jalan dikawasan sentra kerajinan Tanggulangin, menawarkan produknya di berbagai media sosial di internet, ikut serta dalam event yang diadakan Bupati Sidoarjo dan bahkan bekerja sama dengan pihak travel. Sedangkan strategi intensif pada pengecer toko dilakukan dengan menerapkan perbedaan harga dengan selisih yang cukup jauh dari harga normal dan harga juga masih lebih murah dibandingkan perantara jenis pengecer sales untuk menarik minat menjadi penyalur seperti pengecer toko. Sedangkan cara yang dilakukan oleh pemilik UD. Seroja dalam menyalurkan produk secara selektif ini dengan menyeleksi siapa saja perantara pada saluran tingkat pertama. Dalam proses menyeleksi tersebut, produsen akan mempertimbangkan jenis perantara yang hanya berupa pengecer sales yang tidak memiliki toko dalam menjalankan usahanya.