OPTIMASI COEFFICIENT LIFT (Cl) SINGLE SLOTTED FLAP DAN DOUBLE SLOTTED FLAP PADA PESAWAT N219 MENGGUNAKAN SIMULASI COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC
Abstract
Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki salah satu alat transportasi yang efektif untuk digunakan yaitu pesawat terbang. Pesawat udara merupakan salah satu moda transportasi strategis keberadaannya untuk menghubungkan jalur lalu lintas antar pulau dan aktifitas perekonomian. Pesawat ringan dengan kapasitas dibawah seratus penumpang sangat sesuai untuk melayani alur penerbangan negara kepulauan. Penerbangan perintis adalah penerbangan dengan jalur yang menghubungkan daerah-daerah terpencil atau terisolasi. Pesawat N219 adalah salah satu tipe pesawat yang paling strategis untuk memenuhi kebutuhan penerbangan perintis.
Penerbangan pesawat N219 mengalami beberapa fase terbang. Fase terbang take off dan landing sangat diperhatikan untuk menentukan jarak maksimum pesawat N219 dapat melakukan fase tersebut. Nilai koefisien lift sangat berpengaruh terhadap kecepatan pesawat. Desain airfoil pada sayap pesawat mempengaruhi nilai koefisien lift yang dihasilkan sehingga perlu dilakukan penelitian mengenai desain airfoil dan penggunaan flap yang memiliki mekanisme lebih sederhana. Perubahan airfoil double slotted flap dapat dimodifikasi menjadi airfoil single slotted flap dengan variasi gap – overlap yang di telah ditentukan.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah simulasi Computational Fluid Dynamic dengan software Ansys. Penelitian ini berusaha untuk menyempurnakan berbagai kajian penelitian sebelumnya, yaitu mengoptimasi desain flap yang awalnya double slotted flap menjadi single slotted flap. Double slotted flap yang digunakan pesawat N219 masih tergolong mekanisme HLD yang lebih rumit dibandingkan single slotted flap.
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4096]