• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Engineering
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    OPTIMASI COEFFICIENT LIFT (Cl) SINGLE SLOTTED FLAP DAN DOUBLE SLOTTED FLAP PADA PESAWAT N219 MENGGUNAKAN SIMULASI COMPUTATIONAL FLUID DYNAMIC

    Thumbnail
    View/Open
    Mirna Sari.pdf SDH.pdf (3.762Mb)
    Date
    2018-05-04
    Author
    Sari, Mirna
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Indonesia sebagai negara kepulauan memiliki salah satu alat transportasi yang efektif untuk digunakan yaitu pesawat terbang. Pesawat udara merupakan salah satu moda transportasi strategis keberadaannya untuk menghubungkan jalur lalu lintas antar pulau dan aktifitas perekonomian. Pesawat ringan dengan kapasitas dibawah seratus penumpang sangat sesuai untuk melayani alur penerbangan negara kepulauan. Penerbangan perintis adalah penerbangan dengan jalur yang menghubungkan daerah-daerah terpencil atau terisolasi. Pesawat N219 adalah salah satu tipe pesawat yang paling strategis untuk memenuhi kebutuhan penerbangan perintis. Penerbangan pesawat N219 mengalami beberapa fase terbang. Fase terbang take off dan landing sangat diperhatikan untuk menentukan jarak maksimum pesawat N219 dapat melakukan fase tersebut. Nilai koefisien lift sangat berpengaruh terhadap kecepatan pesawat. Desain airfoil pada sayap pesawat mempengaruhi nilai koefisien lift yang dihasilkan sehingga perlu dilakukan penelitian mengenai desain airfoil dan penggunaan flap yang memiliki mekanisme lebih sederhana. Perubahan airfoil double slotted flap dapat dimodifikasi menjadi airfoil single slotted flap dengan variasi gap – overlap yang di telah ditentukan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah simulasi Computational Fluid Dynamic dengan software Ansys. Penelitian ini berusaha untuk menyempurnakan berbagai kajian penelitian sebelumnya, yaitu mengoptimasi desain flap yang awalnya double slotted flap menjadi single slotted flap. Double slotted flap yang digunakan pesawat N219 masih tergolong mekanisme HLD yang lebih rumit dibandingkan single slotted flap.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85673
    Collections
    • UT-Faculty of Engineering [4211]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository