dc.description.abstract | Pendidikan karakter adalah pendidikan yang menanamkan nilai-nilai
positif pada diri peseta didik dengan tujuan dapat mengimplementasikannya
dalam kehidupan sehari-hari. Guru sebagai pendidik memiliki peran penting
dalam mengembangkan pendidikan karakter, termasuk melalui tindak tuturnya.
Tindak tutur guru dalam proses pembelajaran sangat berpengaruh terhadap
aktivitas belajar siswa, merangsang perubahan tingkah laku dan memberikan
pengalaman berbahasa bagi siswa. Diperlukan suatu strategi dan tuturan yang
bermakna untuk memberikan pemahaman dan pemodelan karakter positif kepada
peserta didik.
Pendidikan karakter pada tindak tutur terdapat dalam makna-makna
tuturan yang dilontarkan guru pada proses pembelajaran baik berupa tuturan
langsung maunpun tidak langsung. Begitu juga dengan strategi yang digunakan
guru dalam bertindak tutur, strategi yang dimaksud adalah cara yang gunakan
guru untuk menyampaikan suatu maksud agar mudah dipahami oleh peserta didik
dan diterima sebagai pemodelan positif agar peserta didik bukan hanya
memahami melainkan juga meneladani.
Penelitian ini mengkaji tentang pendidikan karakter dalam tindak tutur
guru pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia di SMPN 4 Jember.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1)Bagaimanakah
pendidikan karakter religius dalam tindak tutur guru Bahasa Indonesia di SMPN 4
Jember? (2)Bagaimanakah pendidikan karakter kedirian dalam tindak tutur guru
Bahasa Indonesia di SMPN 4 Jember? (3)Bagaimanakah pendidikan karakter
sosial dalam tindak tutur guru Bahasa Indonesia di SMPN 4 Jember?
(4)Bagaimanakah pendidikan karakter peduli lingkungan dalam tindak tutur guru. | en_US |