• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGINTEGRASIAN KESENIAN REYOG DALAM KURIKULUM 2013 SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 PONOROGO KABUPATEN PONOROGO

    Thumbnail
    View/Open
    Fera Riyanti 100210302013.pdf (1.424Mb)
    Date
    2018-05-03
    Author
    Riyanti, Fera
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses pewarisan dan pengembangan budaya serta kareakter bangsa penting untuk meningkatkan kualitas kehidupan berbangsa dimasa mendatang. Dalam proses pendidikan budaya dan karakter bangsa, secara aktif peserta didik mengembangkan potensi dirinya, melakukan proses internalisasi, dan penghayatan nilai-nilai menjadi kepribadian mereka dalam bergaul di masyarakat, mengembangkan kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera, serta mengembangkan kehidupan bangsa yang bermartabat. Pengintegrasian kesenian Reyog Ponorogo ini sangat penting bagi pembentukan karakter peserta didik. Pengintegrasian kesenian Reyog Ponorogo dalam kurikulum sekolah merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai adiluhung serta kearifan lokal dan identitas budaya lokal melalui pendidikan. Dengan demikian maka kelestarian kesenian Reyog Ponorogo tidak tergerus oleh pengaruh globalisasi. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Pengintegrasian Kesenian Reyog dalam Kurikulum 2013 Sekolah di SMA Negeri 1 Ponorogo; (2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Kesenian Reyog dalam Kurikulum 2103 Sekolah di SMA Negeri 1 Ponorogo; (3) Bagaimana Hasil Pengintegrasian Kesenian Reyog dalam Kurikulum 2013 Sekolah di SMA Negeri 1 Ponorogo. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskriptifkan Pengintegrasian Kesenian Reyog dalam Kurikulum 2013 Sekolah di SMA Negeri 1 Ponorogo; (2) Untuk mendeskriptifkan Pelaksanaan Pembelajaran Kesenian Reyog dalam Kurikulum 2013 Sekolah di SMA Negeri 1 Ponorogo; (3) Untuk mendeskriptifkan Hasil Pengintegrasian Kesenian Reyog dalam Kurikulum 2013 Sekolah di SMA Negeri 1 Ponorogo. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Ponorogo tahun ajaran 2015/2016. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan cara criterion-based selection dengan teknik purposive sampling dengan teknik pencermatan data triangulasi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan Pengintegrasian kesenian Reyog Ponorogo dalam kurikulum di SMA dapat dilakukan dengan melalui empat bagian yaitu saluran yang digunakan melalui integrasi kebudayaan ke mata pelajaran pada saat proses pelaksanaan belajar mengajar berlangsung , kandungan objektif atau cita-cita suatu kebudayaan yakni kebudayaan kota Reyog Ponorogo, control terhadap kebudayaan tersebut melalui kurikulum. Pada kenyataannya pendidik belum membuat RPP yang memuat rancangan pembelajaran yang sudah diintegrasikan dengan materi kesenian Reyog Ponorogo, pendidik hanya membahas materi yang cocok dan sesuai dengan materi seni budaya baru dibahas materi kesenian Reyog Ponorogo. Karena ketidak maksimalan pendidik maka manfaat untuk peserta didik juga tidak maksimal. Materi kesenian Reyog Ponorogo akan lebih baik jika pendidik mendokumentasikan pengintegrasian kesenian Reyog Ponorogo kedalam RPP, sehingga batasan dan ruang lingkup materi Reyog Ponorogo lebih jelas. Dengan demikian nilai untuk peserta didik lebih terukur. Kesimpulan hasil penelitian Pengintegrasian kesenian Reyog Ponorogo dalam kurikulum di SMA Negeri 1 Ponorogo yang dilakukan memalui saluran kandungan objektif atau cita-cita suatu kebudayaan, control terhadap kebudayaan tersebut, dirasa masih jauh dari harapan karena masih banyak kekurangan pada saat pelaksanaannya baik dari kurikulum, pendidik, maupun peserta didik. Akan tetapi dengan dukungan berbagai pihak pengintegrasian kesenian Reyog Ponorogo ini akan terus dievaluasi dan dikembangkan agar kesenian Reyog Ponorogo tetap lestari seiring dengan berkembangnya globalisasi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85648
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository