Show simple item record

dc.contributor.authorHendrawijaya, Arief Tukiman
dc.contributor.authorIndrianti, Deditiani Tri
dc.date.accessioned2018-04-27T03:22:15Z
dc.date.available2018-04-27T03:22:15Z
dc.date.issued2018-04-27
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85633
dc.description.abstractPenelitian memiliki tujuan dalam merumuskan model pembelajaran pada program pendidikan keaksaraan fungsional guna meningkatkan kecakapan hidup perempuan perdesaan yang sesuai dengan konsteks lokal, sehingga perempuan mampu membaca peluang usaha yang dapat menjadi sumber ekomoni untuk menanggulangi kemiskinan. Fokus kajian penelitian dilatarbelakangi adanya kondisi bahwa perempuan di daerah perdesaan merupakan penyangga kebutuhan ekonomi keluarga. Namun, disisi lain perempuan perdesaan belum memiliki kecakapan hidup yang memadai. Perempuan perdesaan merupakan penyandang buta aksara terbesar di Kabupaten Jember. Oleh karena itu, perlu cara yang tepat dan mendasar sebagai bentuk percepatan pemberantasan buta aksara guna meningkatkan kecakapan hidup perempuan perdesaan dalam membaca peluang ekonomi yang sesuai dengan konteks lokal. Model pemberantasan buta aksara yang dihasilkan dari kegiatan penelitian ini diharapkan menjadi bahan referensi aplikatif bagi para penentu kebijakan guna mengurangi dan menuntaskan jumlah buta aksara di Kabupaten Jember, terutama pada perempuan perdesaan. Dimana, program pendidikan keaksaraan yang dilakukan di Kabupaten Jember masih bersifat parsial belum mampu menjawab kebutuhan warga belajar. Hal tersebut dapat dilihat dari pelaksanaan program yang hanya mengenalkan huruf serta angka. Akibatnya pembelajaran kurang bermakna dan kurang menarik. Disisi lain, penyandang buta aksara memerlukan peningkatan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga. Mengingat masyarakat penyandang buta aksara adalah masyarakat miskin dan kurang berdaya, akibat rendahnya pengetahuan dasar. Data penelitian yang dikumpulkan pada kegiatan penelitian ini bersifat primer dan skunder, untuk kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik kualitatif. Sampel diambil dengan cara snowball sampling melalui metode wawancara mendalam serta pengamatan terlibat. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara terstruktur. Data yang dikumpulkan akan diolah dan dianalisi dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Dari data yang dihimpun ditemukan adanya potensi sumberdaya alam maupun sosial ditingkat lokal yang berpeluang sebagai sumber ekonomi. Terdapat keterbatasan keterampilan perempuan dalam memanfaatkan potensi tersebut. Melalui kegiatan pembelajaran yang dikemas dalam materi membaca, menulis dan berhitung, serta dikuatkan dengan keterampilan dalam memanfaatkan potensi alam sebagai sumber ekonomi perempuan akan diberdayakan. Kemampuan tersebut dapat menjadi penggerak perubahan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectProgram Pendidikan Keaksaraan Fungsionalen_US
dc.subjectPotensi Lokalen_US
dc.subjectUsaha Ekonomi Produktifen_US
dc.subjectPerempuan Perdesaanen_US
dc.titleMODEL PENDIDIKAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL BERBASIS POTENSI LOKAL DALAM PENINGKATKAN USAHA EKONOMI PRODUKTIF PADA PEREMPUAN PERDESAAN DI KABUPATEN JEMBER (Tahun ke 1)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record