PENGUASAAN KOSAKATA SERAPAN BAHASA INDONESIA BIDANG ILMU SOSIAL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KABAT KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini banyak menggunakan
kosakata asing yang disesuaikan dengan standar ilmiah. Hal tersebut menjadikan
adanya kebutuhan untuk melakukan kajian lebih dalam mengenai kosakata serapan.
Pada penelitian ini, bidang kosakata serapan yang diteliti adalah bidang ilmu sosial.
Kosakata serapan bahasa Indonesia bidang ilmu sosial merupakan kosakata yang
banyak digunakan dalam mata pelajaran IPS di sekolah. Kosakata ini dipilih untuk
untuk diteliti penguasaannya sebab kosakata yang digunakan dalam ilmu sosial ini
berkembang di masyarakat.
Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: (1)
Bagaimanakah tingkat penguasaan kosakata serapan bahasa Indonesia bidang ilmu
sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabat Kabupaten Banyuwangi?; (2) Apakah
kosakata serapan bahasa Indonesia bidang ilmu sosial yang kurang dikuasai siswa kelas
VII SMP Negeri 1 Kabat Kabupaten Banyuwangi?; dan (3) Apakah faktor-faktor yang
memengaruhi penguasaan kosakata serapan bahasa Indonesia bidang ilmu sosial siswa
kelas VII SMP Negeri 1 Kabat Kabupaten Banyuwangi?. Tujuan dalam penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan dan memperoleh informasi mengenai (1) Tingkat
penguasaan kosakata serapan bahasa Indonesia bidang ilmu sosial siswa kelas VII SMP
Negeri 1 Kabat Kabupaten Banyuwangi, (2) Kosakata serapan bahasa Indonesia bidang
ilmu sosial yang kurang dikuasai siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabat Kabupaten
Banyuwangi, dan (3) Faktor-faktor yang memengaruhi penguasaan kosakata serapan
bahasa Indonesia bidang ilmu sosial siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kabat Kabupaten
Banyuwangi.