Show simple item record

dc.contributor.authorMay Dina Ekawati
dc.date.accessioned2013-12-12T06:29:45Z
dc.date.available2013-12-12T06:29:45Z
dc.date.issued2013-12-12
dc.identifier.nimNIM050210191082
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/8554
dc.description.abstractBerdasarkan observasi awal dan wawancara singkat dengan guru bidang studi matematika kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 tanggul diketahui bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam statistika, di samping itu pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan metode pemberian tugas yang telah diterapkan oleh guru mengakibatkan siswa kurang komunikatif karena siswa merasa malu, enggan untuk bertanya apabila masih kurang mengerti materi yang disampaikan oleh guru sehingga perlu diadakan penelitian yang berjudul “ Penerapan Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Tutor Sebaya dan LKS untuk meningkatkan Hasil Belajar Statistika Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Tanggul Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan pembelajaran kooperatif berbantuan tutor sebaya dan LKS, menganalisis aktvitas siswa dan tutor pada saat pembelajaran, dan menganalisis prosentase ketuntasan hasil belajar siswa setelah proses belajar menggunakan kooperatif berbantuan tutor sebaya dan LKS pada pokok bahasan statistika pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Tanggul Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Desain penelitian yang digunakan adalah adaptasi model skema Hopkins yaitu rancangan penelitian yang terdiri dari 4 fase meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Tanggul dengan jumlah siswa 43 siswa. Penelitian ini dilaksanakan tanggal 7 Agustus – 31 Agustus 2010. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan viii metode tes, metode observasi, dan metode wawancara. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah prosentase aktivitas guru pada siklus 1 mencapai 83,33%, pada siklus II yaitu 91,67%. Dari hasil pengamatan siklus I dan II, aktivitas siswa yang masih kurang maksimal yaitu bertanya kepada tutor, menjawab pertanyaan tutor, dan bekerja kelompok. Tetapi dalam siklus II kegiatankegiatan tersebut telah mengalami peningkatan yaitu dengan hasil prosentase lebih dari 80% sehingga dapat dikatakan bahwa pembelajaran kooperatif berbantuan tutor sebaya dan LKS dapat meningkatkan aktivitas siswa. Dari Hasil pengamatan pada pembelajaran kooperatif berbantuan tutor sebaya dan LKS, aktivitas tutor pada siklus I mencapai hasil antara 75% sampai dengan 80.95% yaitu pada aktivitas mengelola kelompok, memimpin jalannya diskusi, menjelaskan kembali materi yang belum dipahami oleh siswa dan memberi kesempatan bertanya, Tetapi pada siklus II aktivitas-aktivitas tersebut mencapai lebih dari 90%. Dari hasil tes siklus I dan II pada pembelajaran kooperatif berbantuan tutor sebaya dan LKS diperoleh ketuntasan belajar siswa secara klasikal dari siklus I sebesar 52.38% dan siklus II sebesar 81.40%. Berdasarkan criteria ketuntasan hasil belajar di SMA negeri 2 Tanggul, maka hasil belajar pada siklus II tersebut dapat dikategorikan tuntas. Artinya penerapan pembelajaran kooperatif berbantuan tutor sebaya dan LKS tersebut telah mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan pembelajaran kooperatif berbantuan tutor sebaya dan LKS pada siswa kelas XI IPA 2 semester ganjil tahun ajaran 2010/2011 maka saran yang dapat dikemukakan adalah hendaknya pembelajaran kooperatif berbantuan tutor sebaya dan LKS dijadikan alternatif bagi guru untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas, sebaiknya guru memperhatikan tingkat prestasi siswa, penelitian ini hendaknya dapat dijadikan sebagai masukan bagi peneliti lain untuk penelitian lebih lanjut dengan pokok bahasan yang berbeda.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210191082;
dc.subjectPEMBELAJARAN KOOPERATIF, TUTOR SEBAYA DAN LKSen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBANTUAN TUTOR SEBAYA DAN LKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR STATISTIKA SISWA KELAS XI IPA 2 SMA NEGERI 2 TANGGUL SEMESTER GANJIL TAHUN AJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record