PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN RAMBIGUNDAM 01 JEMBER
dc.contributor.advisor | Irvan, Muhtadi | |
dc.contributor.advisor | Agustiningsih | |
dc.contributor.author | Hamida, Nurul | |
dc.date.accessioned | 2018-04-17T02:46:27Z | |
dc.date.available | 2018-04-17T02:46:27Z | |
dc.date.issued | 2018-04-17 | |
dc.identifier.nim | NIM 140210204131 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85421 | |
dc.description.abstract | Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dipaparkan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penerapan metode pembelajaran TPS (think pair share) terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA pokok bahasan penyesuaian diri hewan di SDN Rambigundam 01 Jember. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan nilai post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai pada kelas eksperimen sebesar 82,454, sedangkan kelas kontrol sebesar 73,681. Berdasarkan hasil uji-t yang telah dilakukan besarnya nilai thitung yang diperoleh sebesar 3,012, sedangkan nilai ttabel pada taraf signifikasi 0,01 dengan derajat kebebasan 42 sebesar 2,018, dapat dilihat thitung > ttabel (3,012 > 2,018) Ha yang menyatakan ada pengaruh penerapan metode pembelajaran TPS terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di SDN Rambigundam 01 Jember diterima. | en_US |
dc.language.iso | id | en_US |
dc.subject | PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN | en_US |
dc.title | PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN RAMBIGUNDAM 01 JEMBER | en_US |
dc.type | Undergraduat Thesis | en_US |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
UT-Faculty of Teacher Training and Education [14977]
Koleksi Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan