| dc.description.abstract | Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dipaparkan pada
bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif penerapan
metode pembelajaran TPS (think pair share) terhadap hasil belajar siswa kelas V
pada pembelajaran IPA pokok bahasan penyesuaian diri hewan di SDN
Rambigundam 01 Jember. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan nilai post-test pada
kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rata-rata nilai pada kelas eksperimen sebesar
82,454, sedangkan kelas kontrol sebesar 73,681. Berdasarkan hasil uji-t yang telah
dilakukan besarnya nilai thitung yang diperoleh sebesar 3,012, sedangkan nilai ttabel
pada taraf signifikasi 0,01 dengan derajat kebebasan 42 sebesar 2,018, dapat
dilihat thitung > ttabel (3,012 > 2,018) Ha yang menyatakan ada pengaruh penerapan
metode pembelajaran TPS terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran
IPA di SDN Rambigundam 01 Jember diterima. | en_US |