PENGARUH FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RUMAH SAKIT PARU JEMBER
Abstract
Berdasarkan analisis data dan hasil pembahasan penelitian yang telah
diuraikan pada bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh yang signifikan variabel fasilitas dan pelayanan terhadap
kepuasan pasien Rumah Sakit Paru Jember yaitu sebesar 86,4 %,
sedangkan sisanya yaitu 13,6% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang
tidak diteliti dalam penelitian ini.
Pelayanan di bidang kesehatan merupakan salah satu bentuk pelayanan
yang paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satu sarana pelayanan
kesehatan yang mempunyai peran sangat penting dalam memberikan pelayanan
kesehatan kepada masyarakat adalah rumah sakit. Rumah sakit merupakan
lembaga dalam mata rantai Sistem Kesehatan Nasional dan mengemban tugas
untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat, karena
pembangunan dan penyelenggaraan kesehatan di rumah sakit perlu diarahkan
pada tujuan nasional dibidang kesehatan. Tidak mengherankan apabila bidang
kesehatan perlu untuk selalu dibenahi agar bisa memberikan pelayanan kesehatan
yang terbaik untuk masyarakat. Pelayanan kesehatan yang dimaksud tentunya
adalah pelayanan yang cepat, tepat, murah dan ramah. Mengingat bahwa sebuah
negara akan bisa menjalankan pembangunan dengan baik apabila didukung oleh
masyarakat yang sehat secara jasmani dan rohani.