PROFIL ACADEMIC SELF MANAGEMENT SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BONDOWOSO
Abstract
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, kesimpulan dari penelitian ini
adalah, profil/gambaran dari academic self management siswa dalam belajar
matematika di kelas VIII SMP Negeri 1 Bondowoso khususnya di kelas VIII G
yang berjumlah 40 siswa mayoritas memiliki academic self managent tinggi. Selain
dari hasil angket peneliti juga mengambil 2 responden dari masing-masing kategori
untuk melakukan wawancara. Hasil angket academic self management yang
dilakukan oleh siswa menunjukkan bahwa, dari 40 butir pernyataan yang terdiri
dari lima indikator academic self management yaitu motivasi, metode belajar,
penggunaan waktu, lingkungan fisik dan lingkungan sosial, dan
performansi/kinerja akademik membuktikan bahwa mayoritas siswa di kelas
tersebut memiliki tingkat academic self management yang tinggi. Siswa di kelas
VIII G rata-rata mampu dalam semua indikator academic self management yang
diberikan. Hasil angket juga menunjukkan bahwa dari 40 siswa di kelas VIII G
memiliki tingkat academic self management yang berbeda-beda, 29 siswa memiliki
tingkat academic self management tinggi, 8 siswa memiliki tingkat academic self
management sedang, dan 3 siswa sissanya memiliki tingkat academic self
management yang rendah.