dc.description.abstract | Berdasarkan uraian dan hasil penelitian yang telah peneliti lakukan di
Puskesmas Tamanan Kabupaten Bondowoso mengenai kualitas pelayanan pada unit
rawat inap dengan menggunakan Model Service Quality (ServQual) pada 40
responden dengan lima dimensi yaitu sebagai berikut.
Hasil ServQual dari lima dimensi, yakni untuk dimensi bukti fisik (tangibles)
hasil skor ServQual -8,8 ; dimensi kehandalan (reliability) hasil skor ServQual - 5;
dimensi ketanggapan (responsiveness) hasil skor ServQual -4,83; dimensi jaminan
(assurance) hasil skor ServQual -9,875; dan dimensi empati (emphaty) hasil skor
ServQual 6,5. Maka kualitas pelayanan pada unit rawat inap di Puskesmas
Kabupaten Jember dengan menggunakan model ServQual dinyatakan kualitas
pelayanannya tidak baik dengan hasilnya yaitu -7,001. Dari perolehan hasil negatif
tersebut berarti menunjukkan bahwa pelayanan yang diterima atau dirasakan oleh
responden lebih rendah dari harapan responden. | en_US |