Show simple item record

dc.contributor.advisorBachtiar, Rayendra Wahyu
dc.contributor.advisorMaryani
dc.contributor.authorWardani, Debby Kusuma
dc.date.accessioned2018-04-06T01:05:01Z
dc.date.available2018-04-06T01:05:01Z
dc.date.issued2018-04-06
dc.identifier.nimNIM 110210102081
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85252
dc.description.abstractPembelajaran fisika bertujuan membekali siswa berupa pengetahuan, pemahaman dan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah berkaitan erat dengan penilaian hasil belajar. Siswa yang mampu menyelesaikan masalah (soal tes) dengan baik, akan memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Kemampuan pemecahan masalah memiliki kedudukan penting dalam pembelajaran fisika. Kemampuan pemecahan masalah fisika berdasarkan rubrik yang dikembangkan oleh Heller dan Docktor ada beberapa indikator yaitu, mengorganisasi informasi dari situasi masalah baik secara simbolik maupun visual (useful description), memilih konsep dan prinsip fisika yang tepat dari masalah yang diberikan (physics approach), mengarah pada pendekatan fisika yang diambil pada kondisi khusus masalah yang diberikan (specific application of physics), mengikuti aturan dan prosedur matematis yang tepat (mathematical procedure), mengarah pada perkembangan solusi yang logis, koheren, fokus pada tujuan, dan konsisten (logical progression). Proses individu dalam memecahkan masalah tentu berbeda – beda sesuai dengan kemampuan atau keahlian yang mereka miliki. Dreyfus & Dreyfus menyatakan terdapat lima tahapan keahlian seseorang dari seorang novice (pemula) menjadi expert (ahli). Adapun tahapan tersebut diantaranya adalah novice (pemula), advance beginner (pemula tingkat lanjut), competent (kompeten), proficient (mahir/cakap), dan expert (ahli).en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectMateri Fluidaen_US
dc.titleANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMISen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record