PENGEMBANGAN MODUL CAC (CONTEXTUAL, ANALYTICAL, AND CONCEPTUAL) UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA DASAR PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
Abstract
Pendidikan berperan penting dalam perkembangan kemajuan suatu bangsa,
karena dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) bangsa tersebut.
Berdasarkan hasil survei PISA tahun 2012 dan hasil survei PISA tahun 2015,
dapat diketahui gambaran kualitas pendidikan di Indonesia yang harus segera
diperbaiki secara keseluruhan baik dalam pengetahuan, sikap maupun
keterampilan agar dapat bersaing dengan negara-negara berkembang lainnya,
khususnya negara-negara yang mengikuti program PISA. Kualitas pendidikan di
Indonesia tidak terlepas dari peran Perguruan Tinggi dalam menyiapkan
mahasiswa calon guru untuk menjadi guru yang profesional sesuai dengan
kompetensinya ketika belajar di Perguruan Tinggi. Salah satu program studi yang
diselenggaran oleh Perguruan Tinggi adalah Program Studi Pendidikan Fisika
yang akan menghasilkan calon guru fisika.
Pada umumnya proses perkuliahan di Perguruan Tinggi telah dirancang
dengan baik agar terpusat pada mahasiswa (student centered learning) dan
kontekstual dengan menyajikan contoh-contoh nyata yang terjadi dalam
kehidupan, dengan metode atau model pembelajaran tertentu, tetapi karena
terbatasnya bahan ajar yang disusun untuk pembelajaran SCL dan kontekstual,
maka proses pembelajarannya cendrung konvensional dengan metode ceramah
dan penugasan, sehingga aktivitas mahasiswa dalam memecahkan masalah sesuai
dengan karakteristik pembelajarn SCL tidak terlaksana dengan baik, oleh karena
itu dibutuhkan bahan ajar yang disusun.