IMPLEMENTASI MODEL POE (PREDICT- OBSERVE- EXPLAIN) DISERTAI LKS BERBASIS METODE GUIDED NOTE TAKING PADA PEMBELAJARAN FISIKA KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PUJER
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengkaji aktivitas belajar setelah
menggunakan model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis
Metode GNT (Guided Note Taking) pada pembelajaran Fisika kelas XI di SMA
Negei Pujer (2) mengkaji hasil belajar kognitif setelah menggunakan model POE
(Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis Metode GNT (Guided Note
Taking) pada pembelajaran Fisika kelas XI di SMA Negei Pujer.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di
SMA Negeri 1 Pujer, penentuan tempat penelitian ditentukan dengan
menggunakan metode purposuve sampling area. Penentuan sampel siswa
menggunakan cluster random sampling dan diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai
kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas Kontrol. Desain penelitian ini
adalah post-test-only control design. Nilai aktivitas belajar fisika siswa diperoleh
dari observasi dan nilai hasil belajar kognitif fisika siswa diperoleh dari post-test.
Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis Independent Mann Whitney Test
dengan program SPSS 22 dan Independent Sample T-Test dengan bantuan
program SPSS 20.
Data aktivitas belajar fisika siswa diperoleh melalui observasi pada siswa
kelas eksperimen dan kontrol dengan masing masing kelas memiliki 6 indikator.
Analisis aktivitas belajar fisika siswa menunjukan skor rata-rata aktivitas belasjar
fisika siswa kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil
analisis data menggunakan Independent Mann Whitney Test diperoleh nilai
signifikansi 0,00045 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan model POE (Predict-
Observe- Explain) disertai LKS berbasis metode GNT (Guided Note Taking)
berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar fisika siswa di SMA Negeri 1
Pujer. Hasil analisis hasil belajar kognitif fisika siswa menunjukkan bahwa ratarata
nilai hasil belajar kognitif kelas ekeperimen lebih besar dari pada rata-rata
hasil belajar kelas kontrol, dan diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05, sehingga
dapat disimpulkan model pembelajaran POE (Predict- Observe- Explain) disertai
LKS berbasis metode GNT (Guided Note Taking) berpengaruh signifikan
terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di SMA Negeri 1 Pujer.
Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari
penelitian ini adalah : (1) model POE (Predict- Observe- Explain) disertai LKS
berbasis metode GNT (Guided Note Taking) berpengaruh signifikan terhadap
aktivitas belajar fisika siswa di SMA Negeri 1 Pujer, (2) model pembelajaran POE
(Predict- Observe- Explain) disertai LKS berbasis metode GNT (Guided Note
Taking) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif fisika siswa di
SMA Negeri 1 Pujer.