HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PROFESI PERAWAT DENGAN STRES PADA MAHASISWA PROFESI NERS PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Teori yang mendasari praktik keperawatan profesional adalah memandang
manusia secara holistik, yaitu meliputi dimensi fisiologis, psikologis,
sosiokultural dan spiritual sebagai suatu kesatuan yang utuh. Salah satu aspek
dalam hal ini adalah psikologis seseorang, saat psikologis seseorang terganggu
maka kesehatannya akan mengalami gangguan pula. Salah satu masalah
psikologis yang biasa dialami manusia adalah stres. Stres normal dihadapi setiap
manusia dalam menjalani hidup,tidak terkecuali mahasiswa. Mahasiswa
mengalami stres dari berbagai sumber baik dari diri sendiri maupun lingkungan,
Salah satu nya adalah masalah akademik. Stres akademik dapat diartikan sebagai
suatu keadaan individu mengalami tekanan hasil persepsi dan penilaian tentang
stresor akademik yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan pendidikan di
perguruan tinggi.
Persepsi merupakan suatu proses kognitif psikologis dalam diri individu
yang mencerminkan sikap, kepercayaan, nilai dan pengharapan yang digunakan
individu untuk memahami objek yang dipersepsikan. Persepsi yang salah tentang
figur perawat akan mengakibatkan kekurangtertarikan seorang mahasiswa
keperawatan untuk menjadi perawat sehingga akan mempengaruhi keterampilan
praktik klinik.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian survei analitik dengan
menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi
dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan profesi Ners di PSIK Unej
yang sedang menempuh pendidikan profesi tahun 2017 angkatan 18. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah
dengan total sampling. Jumlah sampel penelitian yang peneliti gunakan adalah
sebanyak 65 responden. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan
menggunakan uji statistik Spearman Rank untuk mengetahui hubungan persepsi
dan stress pada mahasiswa profesi. Nilai p value sebesar 0,425. Nilai ini lebih
besar dari 0,05 (0,425 > 0,05) atau dapat dikatakan bahwa Ha ditolak yang
menyatakan bahwa tidak ada hubungan antara persepsi tentang profesi perawat
dan stress pada mahasiswa profesi di PSIK Unej. Saran penelitian ini adalah
lembaga pendidikan diharapakan mampu meningkatkan pengetahuan mahasiswa
mengenai profesi perawat sehingga meningkatkan kesiapan mahasiswa dalam
menempuh profesi ners
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1529]