STRATEGI PEMBELAJARAN MURDER (MOOD, UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW) DISERTAI AUTHENTIC ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Abstract
Hakikat fisika adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala
melalui serangkaian proses yang dikenal dengan proses ilmiah yang dibangun atas
dasar sikap ilmiah dan hasilnya terwujud sebagai produk ilmiah yang tersusun atas
tiga komponen terpenting berupa konsep, prinsip dan teori yang berlaku secara
universal. Rendahnya keaktifan siswa di kelas disebabkan karena kurangnya minat
belajar yang menyebabkan kurangnya perhatian, partisipasi dan usaha dalam proses
pembelajaran. Salah satu belajar yang efektif dan efisien untuk mengaktifkan siswa
dengan merangsang kemampuan kognitif siswa adalah strategi MURDER yang
disertai authentic assessment yang memberikan penilaian atas hasil belajar peserta
didik untuk ranah sikap, keterampilan dan pengetahuan. Tujuan dari penelitian ini
adalah: (1) Mengkaji pengaruh strategi pembelajaran MURDER disertai Authentic
Assessment terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika di SMA; (2)
Mendeskripsikan respon siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan
menggunakan strategi pembelajaran MURDER disertai Authentic Assessment pada
pembelajaran fisika di SMA
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang dilaksanakan di MA
Wahid Hasyim Balung. Sebelum pemilihan sampel dilakukan uji homogenitas,
dengan jumlah populasi kelas X sebanyak 5 kelas dan diambil 2 kelas sebagai kelas
kontrol dan kelas eksperimen. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode
cluster random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest-only
control design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi,