ANALISIS KEMAMPUAN MENGINTERPRETASI GRAFIK TENTANG KINEMATIKA GERAK PADA SISWA SMA DI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang menjadi tolak ukur
kesuksesan suatu negara. Melalui pendidikan setiap individu mendapatkan
pengalaman, mengembangkan ide-ide serta mengoptimalkan potensi yang mereka
miliki. Pada pelaksanaan pendidikan di sekolah berbagai disiplin ilmu
dikembangkan. Ilmu yang dikembangkan diantaranya ialah ilmu alam, ilmu
sosial, teknologi, agama dan sebagainya. Salah satu ilmu alam yang wajib
dipelajari oleh siswa adalah mata pelajaran fisika. Fisika merupakan ilmu yang
mempelajari tentang fenomena alam yang terjadi di sekitar kita, oleh sebab itu
ilmu fisika merupakan ilmu yang sangat penting untuk dikembangkan. Fisika
memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Dalam ilmu fisika
sebuah grafik dapat memuat berbagai informasi yang dapat ditemukan oleh
pembacanya. Dengan membaca grafik diperoleh data-data yang sangat penting
dengan cara yang mudah. Oleh sebab itu kemampuan belajar dengan grafik
merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki untuk mempelajari ilmu fisika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis
kemampuan siswa SMA dalam menginterpretasi grafik tentang kinematika gerak
pokok bahasan GLB dan GLBB. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif,
penentuan tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive
sampling area. Tempat penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Jember, SMA
Negeri 3 Jember, SMA Negeri Arjasa, SMA Negeri Pakusari, SMA Darus Sholah
Jember, dan SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jumlah responden penelitian
keseluruhan sebanyak 190 siswa. Metode yang digunakan adalah metode tes, dan
teknik analisis data digunakan untuk mencari presentase tingkat kemampuan
siswa SMA dalam menginterpretasi grafik tentang kinematika gerak pokok
bahasan GLB dan GLBB.