• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS KEMAMPUAN MENGINTERPRETASI GRAFIK TENTANG KINEMATIKA GERAK PADA SISWA SMA DI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Wanti Muhkartin - 110210102023.pdf SDH.pdf (4.649Mb)
    Date
    2018-04-04
    Author
    Muhkartin, Wanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang menjadi tolak ukur kesuksesan suatu negara. Melalui pendidikan setiap individu mendapatkan pengalaman, mengembangkan ide-ide serta mengoptimalkan potensi yang mereka miliki. Pada pelaksanaan pendidikan di sekolah berbagai disiplin ilmu dikembangkan. Ilmu yang dikembangkan diantaranya ialah ilmu alam, ilmu sosial, teknologi, agama dan sebagainya. Salah satu ilmu alam yang wajib dipelajari oleh siswa adalah mata pelajaran fisika. Fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang fenomena alam yang terjadi di sekitar kita, oleh sebab itu ilmu fisika merupakan ilmu yang sangat penting untuk dikembangkan. Fisika memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Dalam ilmu fisika sebuah grafik dapat memuat berbagai informasi yang dapat ditemukan oleh pembacanya. Dengan membaca grafik diperoleh data-data yang sangat penting dengan cara yang mudah. Oleh sebab itu kemampuan belajar dengan grafik merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki untuk mempelajari ilmu fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil analisis kemampuan siswa SMA dalam menginterpretasi grafik tentang kinematika gerak pokok bahasan GLB dan GLBB. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, penentuan tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling area. Tempat penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Jember, SMA Negeri 3 Jember, SMA Negeri Arjasa, SMA Negeri Pakusari, SMA Darus Sholah Jember, dan SMA Muhammadiyah 3 Jember. Jumlah responden penelitian keseluruhan sebanyak 190 siswa. Metode yang digunakan adalah metode tes, dan teknik analisis data digunakan untuk mencari presentase tingkat kemampuan siswa SMA dalam menginterpretasi grafik tentang kinematika gerak pokok bahasan GLB dan GLBB.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85207
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository