PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERUPA KOMIK YANG DISERTAI FOTO PADA POKOK BAHASAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK KELAS X SMA
Abstract
Pendidikan merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan tenaga
pendidik untuk mencapai tujuan tertentu. Oleh karena itu, agar tujuan pendidikan
dapat tercapai pemerintah selaku lembaga pendidikan harus melakukan berbagai
upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Salah satu upaya yang
dapat dilakukan adalah dengan melakukan pembaruan kurikulum, dari kurikulum
ktsp menjadi kurikulum 2013, termasuk pembelajaran biologi.
Pembelajaran biologi harus dilaksanakan dengan metode dan pendekatan yang
tepat, karena pada pelajaran biologi banyak konsep-konsep yang susah dipahami.
Materi keanekaragaman hayati merupakan salah satu materi yang ada dalam
pembelajaran biologi. Guru biologi perlu memotivasi siswa agar senang belajar
Biologi, memberi penguatan dan memperlihatkan bahwa belajar biologi yang baik
bukan dengan cara menghafal, salah satunya dengan membudayakan membaca
(literasi) agar dapat meningkatkan minat baca siswa.
Dengan menggunakan buku yang menarik dan sesuai untuk usia siwa
diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa. Alternatif bahan ajar yang dapat
digunakan yaitu komik disertai foto. Komik disertai foto dapat menjadi variasi bahan
ajar, karena memiliki perpaduan kalimat narasi, susunan teknik gambar dan warna,
serta teknik pengambilan foto yang dipadukan dalam satu media. Komik bergambar
mampu meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa, meningkatkan keaktifan siswa meningkatkan minat siswa dan mendapat respon positif dari siswa hingga guru.
Pembelajaran menggunakan komik disertai foto dipilih sebagai pengembangan
penelitian dikarenakan berdasarkan hasil observasi dan angket di dua sekolah berbeda, yakni SMA Negeri 4 Jember dan SMA Muhammadiyah 3 Jember
didapatkan data bahwa dari angket guru yang diberikan kepada 4 guru diketahui
bahwa sebesar 67% tidak semua siswa memiliki buku paket, sedangkan dari angket
siswa yang diberikan kepada 67 siswa diketahui bahwa 78% siswa di SMA Negeri 4
Jember sumber belajar yang digunakan biasa saja dikarenakan beberapa bagian pada
tampilannya ada yang monoton, dan kurang bisa memahami semua isi materi,
sementara di SMA 3 Muhammadiyah sebesar 100% sumber belajar yang digunakan
hanya terbatas lembar kerja siswa (LKS). Selain itu kelebihan dari komik yang
dikembangkan oleh peneliti yaitu tokoh yang digunakan menggunakan nama tokoh
yang saat ini sedang populer yaitu Adit Sopo Jarwo dan peneliti menggabungkan
antara komik yang disertai foto agar minat siswa dalam membaca semakin meningkat
sehingga dapat menumbuhkan budaya membaca (literasi). Penelitian ini dilakukan
dengan tujuan untuk mengetahui validitas, keefektifan, dan kepraktisan bahan ajar
berupa komik disertai foto pada pembelajaran biologi kelas X SMA.
Jenis penelitian ini merupakan Penelitian pengembangan, yaitu pembuatan
bahan ajar berupa komik disertai foto, yang bertujuan untuk mengetahui validitas,
efektifitas, dan kepraktisan bahan ajar komik untuk kelas X SMA pada pokok
bahasan materi keanekaragaman hayati. Validitas yang diukur melalui hasil penilaian
4 validator dan hasil uji tingkat keterbacaan oleh 9 orang siswa. Efektifitas yang
diukur melalui hasil belajar siswa, berupa pre-test dan pos-test. Kepraktisan diukur
melalui angket respon siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa, rata-rata nilai validitas buku komik oleh
ahli sebesar 72,5% menunjukkan valid, rata-rata validitas oleh ahli pengguna sebesar
80,5, menunjukkan valid serta rata-rata uji tingkat keterbacaan sebesar 87,8%
menunjukkan sangat layak. Hasil efektifitas menunjukkan bahwa terdapat
peningkatan hasil belajar dari nilai pre-test 39,8 menjadi 83,7 dari nilai pos-test
dengan normalized gain sebesar 0,73 tergolong kategori tinggi. Hasil kepraktisan
menunjukkan bahwa buku komik yang dikembangkan dapat digunakan dalam
pembelajaran dengan nilai rata-rata sebesar 90,5% dan diinterpretasikan sangat praktis. Sehingga buku komik yang dikembangkan dapat digunakan dalam kegiatan
pembelajaran dan sebagai salah satu alternatif sumber belajar.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu hasil uji validitas oleh ahli dan pengguna
terhadap buku komik yang dikembangkan tergolong valid, hasil uji keterbacaan buku
komik yang dikembangkan tergolong sangat layak, hasil uji evektivitas terhadap buku
komik yang dikembangkan tergolong kategori tinggi, dan hasil uji kepraktisan
terhadap buku komik yang dikembangkan tergolong sangat praktis sehingga buku
komik yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di dalam
kelas dan dapat dijadikan sebagai salah satu variasi bahan ajar.