• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN QUIPPER SCHOOL PADA PEMBELAJARAN MATERI GELOMBANG UNTUK SISWA KELAS XI

    Thumbnail
    View/Open
    Pandu Joyo Sampurno 120210102099.pdf (5.633Mb)
    Date
    2018-04-02
    Author
    Sampurno, Pandu Joyo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dirancang untuk memperoleh produk berupa Quipper School pada pembelajaran materi gelombang untuk siswa kelas XI. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D yang terdiri dari tahap, 1) Define, 2) Disign, 3) Develop, dan 4) Disseminate. Instrumen perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar soal pre-test dan post-test, dan lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik perolehan data yang digunakan adalah validasi, tes, dan angket. Data yang didapatkan adalah validasi ahli, validasi pengguna, dan validasi audience. Media E-Learning menggunakan Quipper School dapat dikatakan sangat baik atau dapat digunakan tanpa revisi apabila nilai validasinya terdapat pada rentang 3,25 – 4. Berdasarkan hasil dari validasi ahli dan pengguna masing-masing diperoleh hasil sebesar 3,33 dan 3,67 termasuk dalam kategori sangat baik. Selain itu, berdasarkan hasil uji coba lapangan menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari hasil analisis dengan N-gain diperoleh nilai sebesar 0,65 termasuk dalam kriteria sedang. Peningkatan hasil tersebut dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum menggunakan Quipper School pada materi gelombang (pre-test) dan setelah menggunakan Quipper School materi gelombang (post-test). Pencapaian hasil nilai pre-test siswa sebesar 39,9 %, sedangkan perolehan hasil post-test siswa sebesar 79,5 %. Nilai tersebut dapat diartikan bahwa Quipper School pada materi gelombang termasuk dalam kategori efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Motivasi belajar siswa terhadap Quipper School pada materi gelombang mengalami peningkatan dari hasil analisis dengan N-gain diperoleh nilai sebesar 0,45 termasuk dalam kriteria sedang. Peningkatan hasil tersebut dapat dilihat dari hasil angket motivasi belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan Quipper School materi gelombang. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa 1) validitas ahli Quipper School pada pembelajaran materi gelombang untuk siswa kelas XI termasuk dalam kategori sangat baik dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran; 2) validitas pengguan media e-learning pada pembelajaran materi gelombang menggunakan Quipper School termasuk dalam kategori sangat baik dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran; 3) validitas audience media elearning pada pembelajaran materi gelombang menggunakan Quipper School termasuk dalam kategori efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar dengan perolehan nilai N-gain sebesar 0,65 dan 0,45 dalam kriteria sedang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85104
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15316]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository