PENGEMBANGAN QUIPPER SCHOOL PADA PEMBELAJARAN MATERI GELOMBANG UNTUK SISWA KELAS XI
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dirancang untuk
memperoleh produk berupa Quipper School pada pembelajaran materi gelombang
untuk siswa kelas XI. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D yang
terdiri dari tahap, 1) Define, 2) Disign, 3) Develop, dan 4) Disseminate. Instrumen
perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar soal pre-test dan
post-test, dan lembar angket motivasi belajar siswa. Teknik perolehan data yang
digunakan adalah validasi, tes, dan angket. Data yang didapatkan adalah validasi
ahli, validasi pengguna, dan validasi audience.
Media E-Learning menggunakan Quipper School dapat dikatakan sangat
baik atau dapat digunakan tanpa revisi apabila nilai validasinya terdapat pada
rentang 3,25 – 4. Berdasarkan hasil dari validasi ahli dan pengguna masing-masing
diperoleh hasil sebesar 3,33 dan 3,67 termasuk dalam kategori sangat baik. Selain
itu, berdasarkan hasil uji coba lapangan menunjukkan adanya peningkatan hasil
belajar siswa dari hasil analisis dengan N-gain diperoleh nilai sebesar 0,65 termasuk
dalam kriteria sedang. Peningkatan hasil tersebut dapat dilihat dari hasil belajar
siswa sebelum menggunakan Quipper School pada materi gelombang (pre-test) dan
setelah menggunakan Quipper School materi gelombang (post-test). Pencapaian
hasil nilai pre-test siswa sebesar 39,9 %, sedangkan perolehan hasil post-test siswa
sebesar 79,5 %. Nilai tersebut dapat diartikan bahwa Quipper School pada materi
gelombang termasuk dalam kategori efektif untuk meningkatkan hasil belajar
siswa. Motivasi belajar siswa terhadap Quipper School pada materi gelombang
mengalami peningkatan dari hasil analisis dengan N-gain diperoleh nilai sebesar
0,45 termasuk dalam kriteria sedang. Peningkatan hasil tersebut dapat dilihat dari
hasil angket motivasi belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan Quipper
School materi gelombang.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh dapat disimpulkan bahwa
1) validitas ahli Quipper School pada pembelajaran materi gelombang untuk siswa
kelas XI termasuk dalam kategori sangat baik dan dapat digunakan dalam kegiatan
pembelajaran; 2) validitas pengguan media e-learning pada pembelajaran materi
gelombang menggunakan Quipper School termasuk dalam kategori sangat baik dan
dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran; 3) validitas audience media elearning
pada pembelajaran materi gelombang menggunakan Quipper School
termasuk dalam kategori efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi
belajar dengan perolehan nilai N-gain sebesar 0,65 dan 0,45 dalam kriteria sedang.