PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBASIS EDMODO DENGAN QUANTUM TEACHING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA SMAN 1 TANGGUL
Abstract
Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Blended Learning Berbasis Edmodo dengan Quantum Teaching Terhadap Minat dan Hasil Belajar Biologi Siswa, hasil belajar yang dianalisis meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotor. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Tanggul dengan subyek siswa kelas X MIPA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy eksperimen yang menggunakan dua sampel kelas sebagai kelas eksperimen yaitu pada kelas X
MIPA 4 sebanyak 34 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas X MIPA 36 siswa. Perlakuan pada kelas kontrol yaitu pada proses pembelajarannya menggunakan metode ceramah, diskusi dan mencatat sedangkan pada kelas eksperimen proses pembelajarannya menggunakan model Blended Learning Berbasis Edmodo dengan Quantum Teaching. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Minat belajar siswa diperoleh dari hasil angket minat. Hasil belajar kognitif diperoleh dari hasil pre-test dan post-test yang dianalisis menggunakan ANAKOVA, sedangkan hasil belajar afektif dan psikomotor diperoleh saat proses pembelajaran dan dianalisis menggunakan uji independent sampel t-test.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan model model Blended Learning Berbasi Edmodo dengan Quantum Teaching dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, semester genap tahun pelajaran 2016/2017. Hasil perhitungan skor minat Meningkat sebesar 6,35 (8,21%) pada kelas eksperimen dan 0,85 (4,74%) pada kelas kontrol.
Hasil belajar siswa juga diukur dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Hasil Anakova terhadap nilai kognitif siswa menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,000 (P<0,05) dengan makna penerapan model memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa dengan rerata pre-test pada kelas eksperimen 59,00 dan post-test sebesar 70,59, sedangkan pada kelas kontrol rerata pre-test 41,03 dan post-test sebesar 59,33. Pada pretest menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,012 (p<0,05) dengan makna bahwa pemberian pretest juga memberikan pengaruh yang signifikan. Nilai pretest diuji sebagai acuan untuk mengetahui apakah perlakuan yang diberikan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa serta membandingkan kemampuan awal siswa sebelum dan sesudah perlakuan, dari hasil t-test terhadap nilai afektif siswa menunjukkan taraf signifikan hasil belajar afektif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak terdapat perbedaan. Hasil t-test terhadap aspek psikomotorik menunjukkan taraf signifikansi sebesar 0,000 (P<0,05) dengan makna terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar psikomotorik siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu model Blended Learning Berbasis Edmodo dengan Quantum Teaching berpengaruh meningkatkanterhadap minat dan hasil belajar kognitif biolo