• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 3 SMAN 1 KENCONG

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Uun Badriyah_001.pdf (185.3Kb)
    Date
    2013-08-26
    Author
    Uun Badriyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika yang merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam atau sains yang mempelajari gejala-gejala alam melalui penelitian, percobaan dan pengukuran yang disajikan secara matematis berdasarkan hukum-hukum dasar untuk menemukan hubungan antara kenyataan yang ada di alam. Proses pembelajaran fisika masih didominasi guru dan siswa kurang berkembang secara mandiri melalui pemikiran dan proses berfikirnya. Pada pembelajaran ini kelas cenderung teacher-centered sehingga siswa menjadi pasif. Metode pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa melaksanakan keterampilan ilmiah dan menumbuhkan sikap ilmiah salah satunya adalah pembelajaran CTL dengan metode diskusi dimana pembelajaran berpusat pada murid (student-centered); partisipatori; dan pendekatan berubah menjadi kontekstual. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) bagaimana penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode diskusi untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas XI SMA N 1 Kencong?; 2) bagaimana penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA N 1 Kencong?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengkaji penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode diskusi untuk meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa kelas XI SMA N 1 Kencong; 2) mendeskripsikan penerapan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan metode diskusi untuk meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas XI SMA N 1 Kencong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK), penentuan responden didasarkan pada permasalahan yang terjadi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kencong. Responden penelitian yaitu siswa kelas XI IPA3. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan observasi oleh peneliti. Desain dan prosedur tindakan yang digunakan berbentuk spiral Model Hopkins. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran contextual teaching and learning dengan metode diskusi pada aktivitas belajar fisika siswa dalam setiap siklusnya yaitu pada siklus I dengan persentase 87,34% aktivitas belajar fisika siswa termasuk kategori sangat aktif, pada silklus II aktivitas belajar siswa menurun dengan persentase 78,57% tetapi termasuk kategori aktif. Persentase rata-rata aktivitas belajar fisika siswa adalah 82.96% sehingga aktivitas belajar fisika siswa termasuk kategori sangat aktif. Dan dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA3, yaitu pada siklus I 21,43%; dan siklus II 83,33%.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/851
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository