PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI DENGAN MEDIA FLASH CARD UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN (Siswa Kelas X-B MA Al-Qodiri Jember)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi pokok bahasan pencemaran lingkungan siswa kelas X-B MA Al-Qodiri I Jember melalui penerapan model pembelajaran artikulasi dengan media Flash Card. Motivasi siswa diukur dengan pemberian angket ARCS pada pra siklus dan siklus II. Hasil belajar yang diukur adalah hasil belajar ranah kognitif dan ranah afektif. Hasil belajar kognitif diukur menggunakan tes tulis dalam bentuk subjektif yang memiliki aspek CI-C4 yaitu aspek pengetahuan, pemahaman, penerapan, dan analisis. Hasil belajar ranah afektif diukur menggunakan rubrik penilaian afektif. Peningkatan hasil belajar diketahui dengan membandingkan hasil pra siklus, siklus I dan siklus II.
Analisis motivasi siswa terdiri atas aspek attention (perhatian), relevance (keterkaitan), confidence (percaya diri), dan satisfaction (kepuasan). Berdasarkan nilai yang di dapat pada pra siklus dan siklus II diketahui peningkatan aspek perhatian sebesar 4,1 (25,58%); aspek keterkaitan sebesar 3,97 (24,81%); aspek percaya diri sebesar 4,37 (27,34%); dan aspek kepuasan sebesar 4,73 (28,26%). Peningkatan rata-rata seluruh aspek motivasi dari pra siklus ke siklus II sebesar 4,29 dengan persentase sebesar 27,18%.
Analisis hasil belajar biologi siswa ranah kognitif, ketuntasan hasil belajar klasikal pra siklus sebesar 12,5%; siklus I sebesar 75%; dan siklus II sebesar 84,37%. Rata-rata nilai kelas mengalami peningkatan, rata-rata nilai kelas pra siklus sebesar 67,06; siklus I sebesar 75,65; dan siklus II sebesar 82,28. Dari ketiga nilai tersebut diketahui bahwa peningkatan hasil belajar pra siklus ke siklus I sebesar 8,59 dengan persentase 62,5%; peningkatan siklus I ke siklus II sebesar 6,63 dengan persentase 9,37%; dan peningkatan pra siklus ke siklus II sebesar 15,22 dengan persentase 71,87%.
Analisis hasil belajar biologi ranah afektif terdiri atas enam aspek, yaitu disiplin, sopan, tanggung jawab, kerjasama, menyumbang ide/pendapat, dan menghargai pendapat orang lain. Berdasarkan nilai yang didapat pada siklus I dan siklus II diketahui peningkatan aspek disiplin sebesar 23,44 (44,12%); aspek sopan sebesar 17,91 (34,17) aspek tanggung jawab sebesar 27,74 (53,8%); aspek kerjasama sebesar 28,14 (58,57%); aspek menyumbang ide/pendapat sebesar 30,9 (64,89); aspek menghargai pendapat orang lain sebesar 25,39 (51,99%). Peningkatan rata-rata seluruh aspek hasil belajar afektif dari siklus I ke siklus II sebesar 25,59 dengan persentase sebesar 50,91%.
Berdasarkan hasil analisi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran artikulasi dengan media Flash Card di kelas X-B MA Al-Qodiri I Jember tahun 2016/2017 meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.