IDENTIFIKASI KONSEPSI SISWA PADA MATERI SUHU DAN KALOR DI SMA
Abstract
Daerah penelitian ini adalah SMAN 4 Jember yang ditentukan dengan
metode purposive sampling area. Responden penelitian adalah siswa kelas XII
MIPA-1, XII MIPA-2, dan XII MIPA-3. Subjek dalam penelitian ini adalah
sebanyak 103 siswa. Pada penelitian ini diberikan tes konsepsi suhu dan kalor
bertujuan untuk mengetahui konsepsi yang dimiliki siswa. Konsepsi alternatif
siswa pada konsep kalor di antaranya: ketika pencampuran dua benda dengan
suhu berbeda, variabel yang ditinjau hanya suhu; titik beku air dan es 0 jadi
tidak ada perubahan kalor, melainkan perubahan wujud; memakai baju tebal
menghasilkan kalor; es menangkap kalor lebih cepat dari tongkat kayu. Konsepsi
alternatif siswa pada konsep suhu di antaranya: apabila masih mendidih, maka
suhu yang mungkin berada di sekitar 100 dan di atas 100 ; suhu dalam kotak
pensil lebih cepat diserap oleh penggaris besi; suhu dingin kulkas akan berpindah
pada karton; suhu tubuh berpindah ke keringat; tidak ada batasan pada suhu
terendah. Konsepsi alternatif siswa pada konsep perpindahan kalor dan perubahan
suhu di antaranya: pemberian kalor selalu menghasilkan peningkatan suhu; ada
sisa sebagian es yang belum mencair, suhu es masih dibawah 0 ; suhu dapat
berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu rendah; kalor
yang ada di bawah meja menjauh melalui meja; dingin dapat mengalir ke panas;
es menangkap kalor lebih cepat dari kayu; tidak mungkin untuk mendinginkan
benda serendah -260 . Konsepsi alternatif siswa pada konsep sifat termal bahan
di antaranya: tidak dapat mendapatkan air pada 0 ; suhu uap diatas 100 ; suhu
uap di atas air mendidih lebih rendah dari suhu air mendidih; titik didih air pada
dataran tinggi pegunungan tetap 100 ; Suhu cepat diserap oleh penggaris besi;
baju tebal menghambat udara dingin masuk, sehingga menghasilkan kalor; es
menangkap kalor lebih cepat dari tongkat kayu; super-konduktor tidak
memerlukan suhu yang rendah untuk menghantarkan kalor dengan baik; logam
secara alami lebih dingin dari plastik.
Pemahaman konsep suhu dan kalor siswa XII MIPA-1, XII MIPA-2, dan
XII MIPA-3 di SMAN 4 Jember tertinggi pada konsep kalor sebesar 36,20%.
Kurang paham konsep siswa tentang suhu dan kalor yang paling tinggi adalah
konsep suhu sebesar 13,59%. Error tentang suhu dan kalor yang paling tinggi
adalah konsep kalor sebesar 13,87%. Miskonsepsi siswa tentang suhu dan kalor
yang paling tinggi adalah konsep sifat termal bahan sebesar 55,19%.