• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS TERHADAP HASIL BELAJAR PKN POKOK BAHASAN HARGA DIRI SEBAGAI MANUSIA PADA SISWA KELAS III DI SDN PRAJEKAN LOR 01 BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    RATNA YUNI ASTUTIK - 100210204046_.pdf (2.585Mb)
    Date
    2018-03-31
    Author
    ASTUTIK, Ratna Yuni
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pembelajaran yang efektif dan melibatkan siswa secara aktif baik mental, fisik maupun sosial dalam proses pembelajaran adalah salah satunya pembelajaran dengan menggunakan media grafis. Media grafis merupakan media pengajaran yang paling mudah ditemui dan banyak digunakan. Sebagaimana halnya media lain, media grafis berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima pesan. Pesan yang disampaikan dinyatakan dalam simbol-simbol kata, gambar, dan menggunakan ciri grafis yaitu garis. Selain fungsi tersebut, media grafis juga memiliki fungsi khusus untuk menyederhanakan informasi dan memperjelas sajian agar mudah dipahami dan diingat (Siddiq et al, 2008:3-26). Oleh karena itu rumusan masalah dari penelitian ini adalah “Adakah pengaruh yang signifikan penggunaan media grafis terhadap hasil belajar PKn pokok bahasan harga diri sebagai manusia pada siswa kelas III di SDN Prajekan lor 01 bondowoso?” Penelitian ini dilakukan di SDN Prajekan Lor 01 Bondowoso terhitung pada tanggal 28 November 2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan pola Pre-test post-test control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Prajekan Lor 01 Bondowoso. Siswa kelas III yang terdapat di SDN Prajekan Lor 01 Bondowoso ada 45 siswa yang terbagi dalam 2 kelas yaitu kelas III A terdapat 22 siswa dan kelas III B terdapat 23 siswa. Penentuan kelas mana yang akan dijadikan kelas kontrol dan kelas eksperimen, terlebih dahulu peneliti melakukan uji homogenitas terhadap populasi untuk menentukan tingkat kemampuan awal yang dimiliki. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukkan harga t hitung= 1,323, selanjutnya harga t hitung tersebut dibandingkan dengan harga t tabel dengan db=43 pada taraf signifikansi 5%. Nilai t tabel dengan db = 40 memiliki harga 2,021. Hasil tersebut membuktikan bahwa t hitung < t tabel= 1,323 < 2,021 yang berarti kemampuan awal siswa sebelum diberi perlakuan adalah homogen. Tindak lanjutnya dilakukan undian untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol, didapatkan kelas IIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas IIIA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Skor tes siswa berupa nilai hasil pre-test dan post-test yang dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil perhitungan dengan rumus uji-t diperoleh t hitung= 2,411, harga ini kemudian dibandingkan dengan t tabel dengan db = 43 pada taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh t tabel= 2,021. Diperoleh t hitung>t tabel (2,411>2,021), dengan demikian hipotesis nihil (Ho) yang berbunyi tidak ada pengaruh penggunaan media grafis terhadap hasil belajar PKn pokok bahasan harga diri sebagai manusia pada siswa kelas III di SDN Prajekan lor 01 Bondowoso ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh penggunaan media grafis terhadap hasil belajar PKn pokok bahasan harga diri sebagai manusia pada siswa kelas III di SDN Prajekan lor 01 Bondowoso diterima. Berdasarkan hasil analisis tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media grafis terhadap hasil belajar PKn pokok bahasan harga diri sebagai man€usia pada siswa kelas III di SDN Prajekan lor 01 Bondowoso. Media grafis gambar ini diharapkan dapat digunakan oleh guru sebagai salah satu cara dalam hal penyampaian materi khususnya pada proses pembelajaran di sekolah mata pelajaran PKn.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85070
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository