dc.description.abstract | Pembelajaran IPA seharusnya menjadi pembelajaran yang menuntut
keaktifan siswa. Namun, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN
Purwoasri 01 diketahui bahwa dalam kegiatan pembelajaran masih berpusat pada
guru dan siswa cenderung pasif dan kurang berpasrtisipasi dalam pembelajaran.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut salah satu solusinya adalah dengan
menerapkan pembelajaran dengan metode eksperimen, siswa dapat lebih aktif
karena dapat memberikan pengalaman langsung kepada siswa, sehingga siswa
dapat membangun pengetahuan dengan melakukan suatu percobaan, sehingga
mudah memahami materi yang dipelajari. Selain itu juga dapat membangun kerja
sama antar kelompok sehingga tercipta suasana pembelajaran yang kondusif.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPA dengan metode
eksperimen pokok bahasan Benda dan Sifatnya di SDN Purwoasri01. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV
pada pembelajaran IPA SDN Purwoasri 01 melalui metode eksperimen pokok
bahasan Benda dan Sifatnya.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Purwoari 01 dengan subjek penelitian
seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 13 siswa lakilaki
dan 7 siswa perempuan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) menggunakan siklus Hopskin. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini
dilaksanaan dalam dua siklus, masing-masing siklus sebanyak satu pertemuan
dengan menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA pokok bahasan
benda dan sifatnya
Pelaksanaan pembelajaran dengan metode eksperimen dalam
pembelajaran IPA pokok bahasan benda dan sifatnya pada siswa kelas IV SDN
Purwoasri 01 berjalan sesuai rencana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
aktivitas siswa selama pembelajaran IPA dengan metode eksperimen mengalami
peningkatan. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus I sebesar
58,3% dengan kategori cukup aktif dan pada siklus II sebesar 71% dengan
kategori aktif. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar
12,7%, sedangkan untuk hasil belajar siswa juga mengalami peningkatn dalam
setiap pertemuannya. Hasil belajar diperoleh dengan rata-rata nilai 72 pada siklus
I dan 80 pada siklus II dengan peningkatan sebesar 8.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Purwoari
01 pokok bahasan benda dan sifatnya. Saran dari penelitian ini bagi guru
diharapkan mampu untuk menerapkan pembelajaran dengan metode eksperimen
sehingga dapat menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran IPA sebagai
upaya untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. | en_US |