Show simple item record

dc.contributor.advisorYUSHARDI
dc.contributor.advisorWAHYUNI, Sri
dc.contributor.authorNURIYAH, Faiqotul Jannatin
dc.date.accessioned2018-03-31T05:17:06Z
dc.date.available2018-03-31T05:17:06Z
dc.date.issued2018-03-31
dc.identifier.nimNIM100210102082
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/85064
dc.description.abstractPerangkat evaluasi fisika merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, khususnya pada tingkat sekolah menengah atas (SMA). Berdasarkan hasil wawancara terbatas di salah satu SMA di Kabupaten Jember diperoleh evaluasi pembelajaran dalam bentuk tes masih berupa ujian tulis menggunakan media kertas. Selain itu, UN juga masih menggunakan media kertas untuk LJK. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan inovasi dalam penyusunan perangkat evaluasi, salah satunya adalah instrumen tes. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan desain 4-D yang telah dimodifikasi menjadi 3-D. Penelitian dilaksanakan di MA Miftahul Ulum Suren. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas X IPA 2 MA Miftahul Ulum Suren yang berjumlah 29 yang ditentukan meng – gunakan teknik purposive sampling Subjek penelitian . Adapun Metode pe – ngumpulan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil validasi perangkat evaluasi computer based testing berbasis instructional games diperoleh dari 2 orang dosen Program Studi Pendidikan Fisika dan seorang guru mata pelajaran Fisika. Nilai hasil validasi yang diperoleh sebesar 4,2 untuk perangkat evaluasi dan 4,04 untuk kis – kisi soal tes sehingga perangkat evaluasi dalam pengembangan ini memenuhi kriteria valid dan dapat digunakan untuk uji coba lapangan. Berdasarkan hasil uji coba lapangan, pemahaman translasi siswa mencapai persentase 71%, pemahaman interpretasi 67%, dan pemahaman ekstrapolasi siswa 56% sehingga pemahaman classical yang diperoleh sebesar 64%. Selain itu, repon siswa setelah menggunakan perangkat evaluasi computer based testing berbasis instructional games rata-rata 89,16% siswa memberikan respon positif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa 1) perangkat evaluasi computer based testing berbasis instructional games dikategorikan valid dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran; 2) pemahaman konsep fisika siswa tergolong cukup paham dengan persentase tertinggi terdapat pada pemahaman translasi; 3) respon siswa terhadap perangkat evaluasi computer based testing berbasis instructional games secara keseluruhan dapat dikatakan siswa sudah memberikan respon positif.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries100210102082;
dc.subjectPERANGAKAT EVALUASIen_US
dc.subjectCOMPUTER – BASED TESTINGen_US
dc.subjectINSTUCTIONAL GAMESen_US
dc.subjectLISTRIK DINAMIS DI MAen_US
dc.titlePENGEMBANGAN PERANGAKAT EVALUASI COMPUTER – BASED TESTING BERBASIS INSTUCTIONAL GAMES PADA POKOK BAHASAN LISTRIK DINAMIS DI MAen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record