PELAKSANAAN ADMINISTRASI KREDIT UMUM PEDESAAN (KUPEDES) UNTUK TUJUAN PERUMAHAN PADA PT. BRI (PERSERO) Tbk. UNIT RAMBIPUJI CABANG JEMBER
Abstract
1. Prosedur Pelaksanaan Administrasi Kupedes untuk Tujuan Perumahan
adalah sebagai berikut
b) Penerimaan pengajuan kredit dari nasabah dengan memberikan berkas-
berkas yang diperlukan untuk keperluan pihak BRI dalam pemeriksaan
kelayakan usahanya
c) Berkas yang telah diterima Deskman diperiksa kembali untuk
memastikan apakah berkas yang diterima benar dan telah sesuai
dengan ketentuan
d) Berkas yang telah diperiksa, diajukan kepada Kepala Unit. Dilakukan
untuk memastikan apakah permohonan tersebut dapat dilanjutkan atau
tidak, apabila telah mendapatkan persetujuan, maka Kepala Unit
memberikan disposisi kepada Mantri untuk melakukan analisis dan
evaluasi
e) Kepala unit menerima analisis dimana telah ditetapkan usulan tipe dan
strukturya serta jumlah maksimal plafon pinjaman yang layak
diberikan
f) Perjanjian dan pencairan kredit dilakukan apabila kredit yang telah
diputuskan diterima, selanjutnya nasabah harus mengisi formulir formulir yang diperlukan
g) Penyimpanan berkas-berkas pinjaman dimulai sejak diberikannya
persyaratan kredit sampai dengan pencairan kredit. Arsip disimpan
apabila telah diperiksa dan diparaf oleh Kepala Unit 2. Kegiatan Praktek Kerja Nyata dalam upaya mempelajari prosedur
pelaksanaan administrasi Kupedes untuk Tujuan Perumahan adalah
sebagai berikut
a) Membantu Teller mengisi slip setoran untuk angsuran Kupedes setelah
proses realisasi
b) Membantu Deskman menyiapkan formulir jenis pinjaman yang
diajukan
c) Membantu Deskman mengisi formulir permohonan pinjaman untuk
nasabah
d) Membantu Deskman memasukkan data-data nasabah yang mempunyai
tanggungan (kredit)
e) Membantu Deskman memasukkan data / berkas nasabah yang
mengajukan Kupedes untuk Tujuan Perumahan maupun berkas yang
sudah realisasi dalam buku Register Realisasi
f) Membantu Deskman meneliti berkas bersyarat Kupedes untuk Tujuan
Perumahan.
Collections
- DP-Financial Management [400]