• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS VII-D SMPN 1 BANGSALSARI

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Umakyah_001.pdf (161.3Kb)
    Date
    2013-08-26
    Author
    Umakyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Hasil analisis skor post tes kelas VII-D SMPN 1 Bangsalsari menunjukkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa masih rendah yaitu hanya 19,44% dari total 36 siswa yang memiliki skor diatas 70 KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Jika ditinjau dari aktivitas belajar fisika siswa di kelas, siswa kelas VII-D memiliki aktivitas yang rendah. Rendahnya aktivitas belajar fisika siswa di kelas ditunjukkan oleh; (1) hanya ada 16 orang siswa yang mencatat setelah guru menjelaskan materi; (2) pada saat guru bertanya, hanya ada 11 orang siswa yang menjawab pertanyaan dari guru; (3) ketika guru memberikan kesempatan bertanya, hanya ada 3 orang siswa yang mengajukan pertanyaan; (4) saat guru memberikan latihan soal, hanya ada 19 orang siswa yang mengerjakan soal, namun ketika diminta untuk mengerjakan di depan kelas, hanya 4 orang siswa yang maju. Skor rata-rata aktivitas belajar fisika siswa adalah 34,49%. Berdasarkan uraian di atas, maka perlu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa kelas kelas VII-D SMPN 1 Bangsalsari. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah; (1) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode demonstrasi; (2) Bagaimanakah meningkatkan aktivitas belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode demonstrasi; (3) Bagaimanakah peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode demonstrasi; (3) Bagaimanakah meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode demonstrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan serta meningkatkan aktivitas dan ketuntasan hasil belajar fisika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dengan metode demonstrasi pada siswa kelas VII-D SMPN 1 Bangsalsari. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa persentase aktivitas belajar fisika siswa secara klasikal sebelum tindakan (pra siklus) adalah 41,44% kriteria cukup aktif, pada siklus 1 sebesar 61,48% kriteria aktif dan pada siklus 2 sebesar 80,19% kriteria sangat aktif. Persentase ketuntasan hasil belajar fisika siswa sebelum tindakan (pra siklus) adalah 27,78%, pada siklus 1 sebesar 61,11%, dan pada siklus 2 sebesar 94,44%. Peningkatan ketuntasan hasil belajar pada siklus 1 sebesar 0,49 kriteria sedang dan siklus 2 sebesar 0,90 kriteria tinggi. Kesimpulan penelitian ini adalah; (1) Aktivitas belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode demonstrasi mengalami peningkatan dari pra siklus 41,44% kriteria cukup aktif menjadi 61,48% pada siklus 1 dengan kriteria aktif dan 80,19% pada siklus 2 dengan kriteria sangat aktif; (2) Meningkatkan Aktivitas belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan menuntut siswa untuk berperan aktif dalam penyelesaian masalah; (3) Ketuntasan hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode demonstrasi mengalami peningkatan pada siklus 1 sebesar 0,49 dalam kriteria sedang, dan siklus 2 sebesar 0,90 dalam kriteria tinggi; (4) Meningkatkan dan ketuntasan hasil belajar fisika siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode demonstrasi dilakukan dengan menekankan proses untuk memperoleh produk pengetahuan fisika.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/850
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository