TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN RUMAH SAKIT DIRUANG RAWAT INAP PAVILIUN DAN KELAS Ill (ASKESKIN) DI RSUD DR. SOEBANDI JEMBER
Abstract
Berdasarkan uraian dan analisis yang telah dikemukakan pada bab-bab sebelumnya, maka hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut:
a. Kondisi pelayanan kesehatan di RSUD dr. Soebandi sudah cukup baik sebagai rumah sakit tipe B Pendidikan, sebagai rumah sakit pusat rujukan untuk wilayah timur Propinsi Jawa Timur, dengan unit pelaksana yang lengkap, tenaga spesialis yang memadai, pembangunan sarana dan prasarana kesehatan yang meningkat didukung dengan peningkatan beberapa indikator pelayanan kesehatan yang meningkat dari tahun ke tahun.
b. Rata-rata Tingkat Kesesuaian antara harapan dan pengalaman pasien di ruang rawat inap Paviliun sebesar 78,07%. Sedangkan rata-rata Tingkat Kesesuaian di ruang rawat inap Kelas III (ASKESKIN) sebesar 86,62%. Kedua angka tersebut menunjukkan bahwa pasien di kedua ruang perawatan tersebut telah puas terhadap pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit
c. Terdapat perbedaan dimensi serta faktor-faktor prioritas yang mempengaruhi tingkat kepuasan pasien ruang rawat inap Paviliun dan Kelas III (ASKESKIN)
d. Urutan tingkat kepuasan mulai yang teringgi menurut Dimensi Pengukuran Tingkat Kepuasan di ruang rawat inap Paviliun, yaitu: Bukti Langsung, Keandalan, Empati, Keyakinan, dan Daya Tanggap. Sedangkan urutan yang terdapat pada ruang rawat inap Kelas III (ASESKIN), yaitu: Empati, Keandalan, Keyakinan, Daya Tanggap dan Bukti Langsung
e. Perbedaan tingkat kepuasan dipengaruhi oleh faktor eksternal dari rumah sakit (fasilitas fisik rumah sakit, kualitas tenaga yang tersedia, ketersediaan obat, alat, dan sarana kesehatan lainnya, proses pemberian pelayanan, serta sikap pemberi layanan kesehatan) dan faktor internal dari pasien tersebut (latar belakang pasien, meliputi: umur, jenis kelamin, status pendidikan, pekerjaan, pendapatan, penanggung biaya perawatan, dan pengalaman perawatan di rumah sakit)
Collections
- UT-Faculty of Medical [1487]