PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL SELF DIRECTED LEARNING SUB POKOK BAHASAN PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG UNTUK SISWA SMP KELAS VII
Abstract
Proses pengembangan perangkat pembelajaran matematika dengan model
Self Directed Learning sub pokok bahasan persegi dan persegi panjang
mengacu pada four D Models (model 4-D) yang dikemukakan oleh
Thaiagarajan, Semmel dan Semmel. Proses tersebut dimulai dengan
menetapkan hal-hal yang dibutuhkan dalam menyelenggarakan
pembelajaran (analisis awal-akhir), mengidentifikasi karakter siswa
khususnya kemampuan siswa menguasai konsep (analisis siswa),
mengidentifikasi tugas-tugas yang akan diberikan untuk mengajarkan
konsep (analisis tugas), mengidentifikasi konsep-konsep yang akan
diajarkan (analisis konsep), dan menentukan tujuan pembelajaran
(spesifikasi tujuan pembelajaran). Proses pengembangan dilanjutkan tahap
perancangan untuk merancang bentuk dasar perangkat pembelajaran.
Proses perancangan dimulai dengan menyusun rancangan alat evaluasi
serta memilih media dan format pembelajaran. Pada tahap Perancangan
awal dihasilkan draf 1. Setelah dihasilkan rancangan dasar perangkat
pembelajaran, selanjutnya dilakukan validasi para ahli. Berdasarkan saran
para ahli, perangkat pembelajaran direvisi dan dilanjutkan dengan uji coba
lapangan. Setelah perangkat pembelajaran yang dihasilkan mencapai
kriteria valid, efektif dan efisien, maka dilakukan penyebaran.