dc.description.abstract | Fisika merupakan ilmu yang lahir dan berkembang lewat langkah-langkah
observasi, perumusan masalah, hipotesis, pengujian hipotesis melalui eksperimen,
penarikan kesimpulan, serta penemuan teori dan konsep. Permasalahan
pembelajaran di dalam kelas dilihat dari siswa, dari observasi yang saya lakukan
dengan siswa SMA 3 jember. Siswa tersebut mengatakan masih merasa malas
dengan pembelajaran fisika karena terlalu banyak rumus yang harus dihafalkan,
mereka masih merasa binggung dalam mengaplikasikan konsep fisika dalam
kehidupan sehari-hari, Siswa menganggap bahwa pembelajaran fisika yang
membosankan. Hal ini sesuai dengan pendapat guru SMAN 3 Jember menyatakan
bahwa beliau hanya menggunakan metode ceramah. Dengan hanya menggunakan
metode ceramah siswa kurang berperan aktif dalam pembelajaran, karena dalam
hakikat fisika adalah mengamati, mencoba, menanya, mengasosiasi, dan
mengkomunikasi. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat
mengaktifkan siswa salah satunya dengan menggunakan model kooperatif tipe
Think Pair Share (TPS).
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK), disini peneliti akan berkolaborasi dengan guru pengajar.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 3 Jember. Adapun alasan pemilihan lokasi
penelitian dengan pertimbangan: Terdapat permasalahan pembelajaran pada siswa
di kelas XI IPA 3 SMAN 3 Jember diantaranya presentase siswa yang belum tuntas
pada mata pelajaran fisika berdasarkan nilai Ujian Tengah Semester (UTS) genap.
Berdasarkan data observasi dan wawancara terbatas dengan guru fisika sekitar 80%
siswa yang pasif dalam pembelajaran | en_US |