PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS DI SMA
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran fisika yang belum bisa memenuhi tuntutan
pembelajaran berbasis scientific approach merupakan salah satu permasalahan
yang sering dihadapi dalam kegiatan pembelajaran di SMA. Berdasarkan hasil
wawancara dengan guru fisika kelas X di SMA 4 Jember diperoleh informasi
bahwa ranah keterampilan siswa masih sulit terukur karena belum tersedianya
laboratorium fisika yang memadai, sehingga seringkali guru melakukan
demonstrasi di depan kelas untuk menggantikan praktikum fisika. Akibatnya
Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa menjadi tidak dapat diukur dalam
pembelajaran. Selain itu, hal tersebut memunculkan persepsi pada diri siswa,
bahwa fisika adalah mata pelajaran yang rumit dan sulit dimengerti. Peneliti juga
memperoleh informasi bahwa laboratorium komputer yang ada di SMA Negeri 4
Jember sudah memadai. Ketersediaan laboratorium komputer tersebut dapat
dijadikan sebuah alternatif untuk memudahkan siswa dan guru dalam
melaksanakan kegiatan praktikum yaitu dengan pengembangan bahan ajar fisika
berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan momentum dan impuls di SMA.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana validitas bahan ajar fisika
berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan momentum dan impuls di
SMA? ;bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar fisika
berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan momentum dan impuls di
SMA? ;bagaimana keterampilan proses Sains siswa setelah pembelajaran
menggunakan bahan ajar Fisika berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan
momentum dan impuls di SMA? ;bagaimana minat siswa terhadap bahan ajar fisika
berbasis multimedia interaktif pada pokok bahasan momentum dan impuls di
SMA?