PENGARUH SUDUT PENGAPIAN TERHADAP UNJUK KERJA MOTOR BAKAR 4 LANGKAH BERBAHAN BAKAR GAS
Abstract
Penggunaan bahan bakar LPG pada motor bakar 4 langkah meghasilkan
nilai torsi yang lebih besar dari pada penggunaan bahan bakar premium
sebesar 1,72%. Nilai torsi maksimum tertinggi (6,39 Nm) bahan bakar LPG
diperoleh pada putaran mesin 3 765 rpm pada sudut pengapian maju (18o
BTDC). Sedangkan penggunaan LPG sebahgai bahan bakar menghasilkan
nilai daya yang lebih rendah dibandingkan dengan bahan bakar premium
sebesar 19,65%. Nilai daya maksimum tertinggi (5,48 kW) bahan bakar
LPG diperoleh pada putaran mesin 8 602 rpm pada sudut pengapian maju
(18o BTDC).
Bahan bakar LPG memiliki nilai emisi gas buang CO dan CO2 lebih rendah
sedangkan memiliki nilai emisi gas buang HC dan O2 lebih tinggi
dibandingkan dengan bahan bakar premium. Pada bahan bakar LPG nilai
emisi CO terendah (0,143 %) terjadi pada putaran mesin 7 000 rpm pada
sudut pengapian standart (15o BTDC), HC terendah (97 ppm) terjadi pada
putaran mesin 6 000 rpm pada sudut pengapian maju (18o BTDC), CO2
terendah (3,37 %) terjadi pada putaran mesin 7 000 rpm pada sudut
pengapian mundur (12o BTDC) dan O2 terendah (14,47 %) terjadi pada
putaran mesin 4 000 rpm pada sudut pengapian mundur (12o BTDC).
Collections
- UT-Faculty of Engineering [4163]