PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS III D SDN KEPATIHAN 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016-2017
Abstract
Menulis merupakan suatu keterampilan yang memiliki tingkat kesulitan
yang lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan yang lain, karena dalam
menulis harus menguasai berbagai unsur kebahasaan dalam penyusunan sebuah
karangan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru
dan siswa kelas III D SDN Kepatihan 01 Jember, kemampuan menulis karangan
siswa masih tergolong rendah. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh
beberapa faktor antara lain: (1) siswa masih belum mampu merangkai kata-kata; (2)
kosakata yang digunakan siswa kurang bervariatif; (3) siswa belum mampu
menyusun cerita yang runtut; (4) sulit untuk mengungkapkan ide-ide; (5) siswa
seringkali salah dalam penggunaan ejaan; serta (6) guru tidak menggunakan media
menjelaskan meteri pembelajaran.
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu
dengan membuat suasana belajar yang menyenangkan, salah satunya dengan
menggunakan media pembelajaran yang tepat. Jenis media pembelajaran yang
diharapkan dapat mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan media
kartu gambar seri. Media kartu gambar seri merupakan media yang terdiri dari
beberapa gambar berurutan yang menceritakan suatu peristiwa. Berdasarkan latar
belakang tersebut, rumusan masalah penelitian ini adalah (1) bagaimanakah
penggunaan media kartu gambar seri yang dapat meningkatkan kemampuan
menulis karangan sederhana pada siswa kelas III D SDN Kepatihan 01 Jember
tahun pelajaran 2016-2017.