Show simple item record

dc.contributor.advisorINDRAWATI
dc.contributor.advisorHARIJANTO, Alex
dc.contributor.authorSYAHRIAL, Ficky
dc.date.accessioned2018-03-22T07:38:33Z
dc.date.available2018-03-22T07:38:33Z
dc.date.issued2018-03-22
dc.identifier.nimNIM130210102060
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84840
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian post-test only control design. Tempat penelitian ditentukan dengan metode purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember yang terdiri atas tiga kelas yaitu XI IPA A, XI IPA B dan XI IPA C. Penentuan sampel dilakukan melalui uji homogenitas terlebih dahulu selanjutnya menggunakan metode cluster random sampling dengan teknik undian. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA A sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPA B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi selama pembelajaran untuk mengumpulkan data keterampilan proses sains dan tes tertulis di akhir pembelajaran untuk mengumpulkan data keterampilan proses sains, literasi sains dan hasil belajar. Data yang terkumpul merupakan data interval. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 22. Hasil uji independent sample t-test untuk keterampilan proses sains diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0,000. Jadi nilai Sig < 0,05, jika dikonsultasikan pada pedoman pengambilan keputusan maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima hal itu berarti nilai rata-rata keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Kemudian pada variabel literasi sains, hasil uji independent sample t-test diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0,000. Jadi nilai Sig < 0,05, jika dikonsultasikan pada pedoman pengambilan keputusan maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima hal itu berarti nilai rata-rata literasi sains siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Selanjutnya hasil uji independent sample t-test untuk hasil belajar diperoleh signifikansi (1-tailed) sebesar 0,000. Jadi nilai Sig < 0,05, jika dikonsultasikan pada pedoman pengambilan keputusan maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima hal itu berarti nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh signifikan model inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains, literasi sains dan hasil belajar dalam pembelajaran getaran harmonis pada siswa kelas XI di SMA Unggulan BPPT Darush Sholah Jember.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210102060;
dc.subjectMODEL INKUIRI TERBIMBINGen_US
dc.subjectPEMBELAJARAN GETARAN HARMONISen_US
dc.titleIMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN GETARAN HARMONIS DI SMA (STUDI PADA KETERAMPILAN PROSES SAINS, LITERASI SAINS DAN HASIL BELAJAR)en_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record