Show simple item record

dc.contributor.advisorINDRAWATI
dc.contributor.advisorBACHTIAR, Rayendra Wahyu
dc.contributor.authorFURROIDAH, Asni
dc.date.accessioned2018-03-22T02:25:25Z
dc.date.available2018-03-22T02:25:25Z
dc.date.issued2018-03-22
dc.identifier.nimNIM130210102116
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84806
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA NEGERI 3 JEMBER yang terdiri atas siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4, dan XI IPA 5. Jumlah seluruh responden yaitu 165 siswa. Intrumen yang digunakan adalah tes four tier yang terdiri dari empat tingkatan. Tingkat pertama merupakan jawaban, tingkat kedua tingkat keyakinan dari jawaban, tingkat ketiga alasan dari jawaban, dan tingkat keempat tingkat keyakinan dari alasan. Soal tes diberikan sebanyak 10 butir soal tentang dinamika rotasi. Miskonsepsi konsep momen gaya sebesar 43,64% dengan kategori sangat rendah. Miskonsepsi konsep Lengan momen sebesar 72,12% dengan kategori sedang. Miskonsepsi konsep momen gaya sebesar 55,15% dengan kategori rendah. Miskonsepsi konsep momen inersia sebesar 60,00% dengan kategori sedang. Miskonsepsi konsep teorema sumbu paralel sebesar 47,88% dengan kategori sangat rendah. Miskonsepsi konsep gerak menggelinding sebagai kombinasi translasi dan rotasi sebesar 47,27% dengan kategori sangat rendah. Miskonsepsi konsep kecepatan linier pusat massa sebesar 75,76% dengan kategori tinggi. Miskonsepsi konsep gerak menggelinding sebagai rotasi murni sebesar 63,03% dengan kategori sedang. Miskonsepsi konsep momentum sudut sebesar 52,12% dengan kategori sangat rendah. Miskonsepsi gerak melingkar sebesar 51,52% dengan kategori rendah. Hasil diagnostik miskonsepsi kepada siswa menunjukkan bahwa siswa kelas XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPA 3, XI IPA 4, XI IPA 5 di SMAN 3 Jember terdapat miskonsepsi beberapa miskonsepsi konsep dinamika rotasi. Miskonsepi yang ditemukan pada siswa kelas XI SMAN 3 Jember pada konsep dinamika rotasi yaitu: a) momen gaya meliputi sudut antara gaya dan jari-jari yang membentuk torsi maksimal apabila sudutnya maksimal, torsi adalah perkalian titik antara gaya dengan jari-jari, dan total momen gaya berdasarkan komponen gaya pada sumbu x dan sumbu y b) momen inersia meliputi besar benda berbanding lurus dengan momen inersia benda, ukuran benda mempengaruhi momen inesia, dan faktor yang mempengaruhi momen inersia hanya massa benda c) gerak melingkar meliputi kelajuan sudut putar dua roda serantai pasti sama, jari-jari roda yang lebih kecil memperbesar kelajuan linier kendaraan, dan percepatan tangensial dan percepatan sentripetal menyebabkan gerak gerak translasi. Sedangkan Hasil diagnostik kepada siswa ditemukan beberapa miskonsepsi yaitu sebesar 56,79%, siswa yang mengalami tidak paham konsep sebesar 25,70%, siswa yang mengalami eror sebesar 8,00%, dan siswa yang mengalami paham kosep sebesar 9,15%. Hasil identifikasi miskonspsi tersebut dapat dikategorikan bahwa miskonsepsi yang dialami siswa rendah.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries130210102116;
dc.subjectKONSEP DINAMIKA ROTASIen_US
dc.subjectMETODE FOUR TIERen_US
dc.titleIDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA SMA NEGERI 3 JEMBER KONSEP DINAMIKA ROTASI DENGAN METODE FOUR TIERen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record