PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF MENGGUNAKAN MEDIA CARD SORT DALAM PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Abstract
Suatu  pembelajaran  pada  dasarnya  tidak  hanya  mempelajari  tentang 
konsep,  teori  dan  fakta  tetapi  juga  aplikasi  dalam  kehidupan  sehari-hari.  Salah 
satu pengajaran yang relevan diterapkan dalam pembelajaran fisika adalah dengan 
menerapkan Contextual Teaching And Learning (CTL) dengan pembelajaran aktif 
menggunakan  media  Card  Sort.  Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  :  (1)  mengkaji 
perbedaan  hasil  belajar  yang  signifikan  antara  penerapan  Contextual  Teaching 
And  Learning  (CTL)  dengan  pembelajaran  aktif  menggunakan  media  Card  Sort 
dengan  pembelajaran  konvensional  pada  siswa  kelas  X  semester  ganjil  di  SMA 
Negeri  1  Panarukan-Situbondo  tahun  ajaran  2011/2012,  dan  (2)  Mengkaji 
aktivitas belajar siswa pada kelas X semester ganjil di SMA Negeri 1 Panarukan–
Situbondo tahun ajaran 2011/2012 dengan menerapkan  Contextual Teaching and  
Learning  (CTL)  dengan  strategi  pembelajaran  aktif  menggunakan  media  Card 
Sort. 
Penelitian  ini  merupakan  penelitian  eksperimen  dengan  post-test  control 
design. Penentuan tempat penelitian dengan purposive sampling area  yaitu SMA 
Negeri  1  Panarukan-Situbondo.  Responden  penelitian  ditentukan  dengan  teknik 
undian setelah dilakukan uji homogenitas yaitu kelas X.2 dan X.6 semester ganjil 
tahun  ajaran  2011/2012.  Data  diambil  dengan  menggunakan  metode  observasi, 
dokumentasi,  wawancara  dan  tes.  Analisis  data  menggunakan  uji  t  untuk 
menjawab  rumusan  masalah  yang  pertama  dan  persentase,  reliabilitas  instrumen 
observasi  aktivitas  siswa  digunakan  untuk  menjawab  rumusan  masalah  yang 
kedua. Analisis  data  menggunakan  uji    diperoleh  nilai    dan  nilai 
  =  1,99  sehingga  ,  maka  hipotesis  nihil    ditolak  dan 
hipotesis alternatif   diterima., berarti ada perbedaan hasil belajar fisika  yang 
signifikan  antara  penerapan  Contextual  Teaching  And  Learning  (CTL)  dengan 
pembelajaran  aktif  menggunakan  media  Card  Sort  dengan  pembelajaran 
konvensional  pada  siswa  kelas  X  semester  ganjil  di  SMA  Negeri  1  Panarukan-
Situbondo  tahun  ajaran  2011/2012.  Hasil  analisis  aktivitas  siswa  diperoleh  dari 
persentase  rata-rata  aktivitas  belajar  siswa  pada  pertemuan  I  sebesar  38%  dan 
pertemuan  II  sebesar  43%,  sehingga  terjadi  peningkatan  rata-rata  persentase 
aktivitas belajar siswa tiap pertemuannya dan diperoleh rata-rata aktivitas belajar 
siswa  sebesar  40,5%  dan  termasuk  kriteria  cukup  aktif  atau  sedang.  Peningkatan 
ini terjadi karena siswa harus mengetahui terlebih dahulu maksud dari kartu yang 
dibagikan  dan  harus  dapat  mengeluarkan  gagasan-gagasan  yang  ada  dipikiran 
mereka. 
Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian 
ini  adalah:  (1)  ada  perbedaan  hasil  belajar  yang  signifikan  antara  penerapan 
Contextual  Teaching  And  Learning  (CTL)  dengan  pembelajaran  aktif 
menggunakan  media  Card  Sort  dengan  pembelajaran  konvensional  pada  siswa 
kelas  X  semester  ganjil  di  SMA  Negeri  1  Panarukan-Situbondo  tahun  ajaran 
2011/2012, dan (2) aktivitas belajar siswa kelas X semester ganjil di SMA Negeri 
1 Penarukan – Situbondo tahun ajaran 2011/2012 dengan menerapkan Contextual 
Teaching  And  Learning  (CTL)  dengan  strategi  pembelajaran  aktif  menggunakan 
media  Card  Sort  termasuk  kategori  cukup  aktif  atau  sedang.  Dengan  kata  lain, 
penerapan  Contextual  Teaching  And  Learning  (CTL)  dengan  pembelajaran  aktif 
menggunakan  media  Card  Sort  dapat  membuat  siswa  menghubungkan  antara 
materi pelajaran yang dipelajari dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong 
siswa  membuat  hubungan  antara  pengetahuan  yang  dimilikinya  dengan 
penerapannya  dalam  kehidupan  sehari-hari,  sehingga  mampu  menyeimbangkan 
kemampuan kognitif, psikomotor dan afektif sebagai hasil dari proses belajar.
