dc.description.abstract | Berdasarkan hasil penelitian pada bab iv maka dapat ditarik kesimpulan bahwa problematika siswa dalam pembelajaran apresiasi puisi adalah
(1). siswa tidak dapat menentukan pesan puisi.
(2). siswa tidak dapat menyebutkan gaya bahasa
(3). siswa tidak dapat menentukan pesan puisi,
(4). siswa tidak dapat mamahami makna lambang-lambang puisi,
(5). siswa tidak dapat memberikan tanggapan tentang tokoh puisi, dan
(6). siswa tidak dapat memberikan alasan jika sependapat dengan isi puisi.
Faktor-faktor penyebab problematika siswa dalam pembelajaran apresiasi puisi adalah (1) faktor siswa, (2) faktor sarana, (3) faktor materi (4) faktor guru.
Dari beberapa problematika dan faktor-faktor penyebab problematika siswa dalam pembelajaran apresiasi puisi di atas adapun upaya-upaya guru dalam mengatasi problematika siswa tersebut adalah
(1). guru dapat menjelaskan kembali materi pelajaran,
(2). guru dapat memberikan waktu yang agak panjang pada waktu siswa mengerjakan soal-soal tes sehingga siswa lebih teliti dalam mengerjakan soal,
(3). mengaktifkan siswa dalam belajar kelompok.
(4). menambah bahan bacaan siswa yang berkaitan dengan materi apresiasi puisi,
(5). menambah pengetahuan guru tentang materi aparesiasi dan
(6). menggunakan dan memilih metode yang tepat dalam penyajian materi. | en_US |