PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MOODLE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X TN 1 di SMK Negeri 4 Jember Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Strategi Bauran Pemasaran Semester Gasal Tahun Ajaran 2017/2018)
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Moodle dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan strategi bauran pemasaran kelas X TN 1 SMK Negeri 4 Jember semester gasal tahun ajaran 2017/2018. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari skor rata-rata motivasi sebelum tindakan yaitu 1,89 dengan kriteria rendah, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 2,7 dengan kriteria sedang, dan pada siklus II mengalami peningkatan kembali menjadi 3,7 dengan kriteria tinggi. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai ulangan harian siswa sebelum tindakan yaitu 69,63 dengan ketuntasan klasikal sebesar 51,43%. Pada siklus I mengalami peningkatan rata-rata nilai ulangan harian menjadi 81,28 dengan ketuntasan klasikal sebesar 82,85%. Kemudian mengalami peningkatan kembali pada siklus II dengan nilai rata-rata ulangan harian siswa menjadi 85,57 dengan ketuntasan klasikal sebesar 91,43%. Peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar mendeskripsikan strategi bauran pemasaran siswa kelas X TN 1 SMK Negeri 4 Jember ini menunjukkan tercapainya tujuan penelitian penggunaan media pembelajaran Moodle.