PENDEKATAN HAYATI: Strategi Pemasaran untuk Menghadapi Persaingan yang Dinamis
Abstract
Pemasaran merupakan salah satu fungsi di dalam fungsi bisnis perusahaan.
Pemasaran memegang peranan yang sangat penting mengingat fungsi pemasaran
merupakan ujung tombak perusahaan dalam proses penyampaian produk
atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan kepada konsumen. Fungsi pemasaran ini
berhubungan langsung dengan konsumen perusahaan. Hal ini menuntut perusahaan
untuk dapat memahami perilaku konsumen dengan baik. Dengan memahami perilaku
konsumen, maka perusahaan dapat lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan dan
keinginan konsumen terhadap produk dan jasa tertentu. Ilmu pemasaran merupakan
salah satu mata kuliah yang wajib diajarkan pada perguruan tinggi.
Ilmu pemasaran yang diajarkan tentunya membutuhkan buku referensi yang
kompeten sehingga materi yang diajarkan sesuai dengan kondisi perkembangan pasar
konsumen terkini. Buku ini memiliki keunikan dibandingkan dengan buku pemasaran
pada umumnya. Keunikan tersebut diperoleh dari keberanian penulis untuk thinking
out of the box. Penulis mengelompokkan 9 elemen pemasaran ke dalam 3 kelompok
yang lebih mudah dipahami dan diaplikasikan di lapangan. Pengelompokan tersebut
sekaligus memberikan kontribusi baru bagi perkembangan pemahaman ilmu pemasaran
pada mahasiswa. Mahasiswa menjadi lebih mudah memahami ilmu pemasaran secara
runtut dan komprehensif.
Pendekatan HAYATI yang ditawarkan penulis di dalam buku ini menunjukkan
bahwa ilmu pemasaran adalah ilmu yang hayati (istilah Arab untuk sebuah kehidupan
yang dinamis), kedinamisan mewakili perubahan yang selalu terjadi pada perilaku
konsumen yang menjadi objek utama di dalam ilmu pemasaran. Bidang ilmu pemasaran
adalah sebuah ilmu yang sangat dinamis. Setiap bab di dalam buku ini sudah dilengkapi
dengan Kompetensi Inti (target capaian), sehingga memudahkan pembaca untuk
mereview kembali materi di dalam setiap bab. Setiap bab diawali dengan pemaparan teori dan ditutup dengan analisis kasus. Kasus yang dipaparkan menggunakan produk
yang sudah dikenal di kalangan masyarakat Indonesia, sehingga memudahkan pembaca
untuk mengikuti alur berpikir dalam penyelesaian kasusnya. Konsistensi penggunaan
contoh produk yang sama dalam setiap kasus bab juga akan memberikan gambaran
yang lengkap dari setiap strategi/taktik yang digunakan bagi pembaca.
Keunikan dan kelebihan yang ada pada buku ini menjadikan buku ini sangat cocok
untuk digunakan oleh mahasiswa dan dosen sebagai referensi utama dalam perkuliahan
Pemasaran, penjelasan runtut yang dimiliki buku ini akan memudahkan penyampaian
materi di kelas.
Collections
- LSP-Books [895]