PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBI (PROBLEM BASED INSTRUCTION) DISERTAI LKS PADA PEMBELAJARAN FISIKA DI SMA
Abstract
Permasalahan  dalam  bidang  pendidikan  yang  sering  dibicarakan  adalah 
mengenai  rendahnya  mutu  pendidikan  yang  tentunya  sangat  mempengaruhi 
kualitas Sumber Daya Manusia.  Peningkatan  mutu pendidikan tidak terlepas dari 
kualitas kegiatan  belajar  mengajar (KBM) di kelas. Namun saat ini pembelajaran 
masih  bersifat  teacher  centered.  Salah  satu  bentuk  pembelajaran  yaitu 
pembelajaran fisika. Fisika merupakan ilmu yang mempelajari tentang gejala alam 
dan  menerangkan  bagaimana  gejala  tersebut  terjadi  dalam  bentuk  prinsip,  teori, 
konsep, dan rumus. Fakta di  lapangan  menunjukkan  bahwa  fisika  sampai  saat  ini 
menjadi  salah  satu  mata  pelajaran  yang  kurang  diminati  siswa,  ini  disebabkan 
proses  pembelajaran  satu  arah  serta  identik  dengan  menghafal  teori  dan  rumus, 
sehingga  siswa  sulit  untuk  mempelajarinya.  Oleh  karena  itu,  diperlukan  suatu 
model  pembelajaran  yang  dapat  membuat  siswa  menjadi  lebih  aktif  dan  mampu 
menyelesaikan  suatu  permasalahan  fisika  yang  relevan  dengan  kehidupan  sehari-
hari  meliputi  melakukan  percobaan,  kemampuan  untuk  bertanya,  menjawab 
pertanyaan, mengungkapkan gagasan dalam diskusi kelompok untuk membangun 
sebuah  pemahaman.  Dengan  demikian,  diharapkan  aktivitas  siswa  dalam 
pembelajaran  meningkat  dan  hasil  belajar  sebagai  bentuk  pemahaman  terhadap 
materi  juga  meningkat. Adapun  model pembelajaran  yang dapat diterapkan  yaitu 
model pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) disertai LKS. 
Penelitian  ini  memiliki  tujuan  yakni  :  (1)  Mengkaji  perbedaan  hasil  belajar 
siswa  melalui  penerapan  model  PBI  (Problem  Based  Instruction)  disertai  LKS 
dengan  pembelajaran  konvensional  pada  pembelajaran  fisika  di  SMA,  (2) Mengkaji aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran fisika melalui penerapan 
model  PBI (Problem Based Instruction) disertai  LKS dalam pembelajaran  fisika 
di  SMA,  (3)  Mengkaji  efektifitas  hasil  belajar  siswa  melalui  penerapan  model 
pembelajaran PBI (Problem Based Instruction) disertai  LKS dalam pembelajaran 
Fisika di SMA. 
  Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  eksperimen.  Tempat  penelitian 
ditentukan  menggunakan  metode  purposive  sampling  area.  Penelitian  ini 
dilaksanakan  di  SMA  Negeri  1  Jenggawah.  Responden  penelitian  ditentukan 
setelah  dilakukan  uji  homogenitas  pada  kelas  X.  Penentuan  sampel  penelitian 
dengan  cluster  random  sampling.  Rancangan  penelitian  menggunakan  control 
group  pre-test  post-test  design.  Metode  pengumpulan  data  dalam  penelitian  ini 
adalah  observasi,  wawancara,  dokumentasi  dan  tes.  Analisis  data  menggunakan 
uji    untuk  menjawab  rumusan  masalah  yang  pertama,  menggunakan  persentase 
aktivitas  siswa  untuk  menjawab  rumusan  masalah  yang  kedua  dan  menggunakan 
persentase efektivitas untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga. 
  Analisis data menggunakan uji   untuk mengetahui perbedaan hasil belajar 
siswa  diperoleh  nilai  t
hitung  =  3,60  dan  nilai    =  1,294  sehingga 
,  maka  hipotesis  nihil    ditolak  dan  hipotesis  kerja   
diterima. Hasil analisis aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa sebesar  
72,1%  dan  dapat  dikategorikan  baik.  Hasil  analisis  efektifitas  penggunaan  model 
PBI terhadap pembelajaran sebesar 54,1% termasuk dalam kategori cukup efektif. 
  Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian 
ini  adalah:  (1)  ada  perbedaan  yang  signifikan  antara  antara  hasil  belajar  fisika 
siswa  menggunakan  model  pembelajaran  PBI  (Problem  Based  Instruction) 
disertai  LKS  dengan  model  pembelajaran  konvensional  di  SMA  Negeri  1 
Jenggawah,  (2)  aktivitas  belajar  siswa  kelas  X  SMA  Negeri  1  Jengawah  tahun 
ajaran  2011/2012  selama  mengikuti  pembelajaran  fisika  menggunakan  Model 
Pembelajaran  PBI  (Problem  Based  Instruction)  disertai  LKS  termasuk  dalam 
kategori  baik,  (3)  Efektifitas  Pembelajaran  Menggunakan  Model  PBI  (Problem 
Based Instruction)  disertai LKS pada siswa SMA Negeri 1  Jenggawah  termasuk 
pada kriteria cukup efektif.
