• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DISERTAI LKS BERBASIS REPRESENTASI GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (Materi Momentum dan Impuls) SMA DI JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    IMROATUS SHOLIHAH 130210102029.pdf (7.941Mb)
    Date
    2018-03-19
    Author
    SHOLIHAH, IMROATUS
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching disertai LKS berbasis representasi gambar terhadap hasil belajar pada pembelajaran Fisika (Materi Momentum dan Impuls) SMA di Jember, (2) untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching disertai LKS berbasis representasi gambar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika (Materi Momentum dan Impuls) SMA di Jember. Jenis penelitian adalah true eksperimen, tempat penelitian ditentukan dengan cara purpusive sampling area. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tanggul. Responden penelitian dengan teknik cluster random sampling. Rancangan penelitian menggunakan Post-Test Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, portofolio, tes, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data digunakan untuk menjawab rumusan masalah pertama dengan mempresentase hasil penilaian LKS berbasis representasi gambar dan hasil observasi selama di kelas kemudian ditentukan kriterianya. Teknik analisis data untuk hasil belajar siswa menggunakan perhitungan independent sample t-test. Hasil analisis keterampilan proses sains menunjukkan bahwa persentase nilai rata-rata keterampilan proses sains seluruh aspeknya dikategorikan sangat baik yaitu sebesar 91,5%. Hasil analisis hasil belajar siswa fisika menggunakan independent sample t-test terlihat bahwa rata-rata (Mean) kelas eksperimen lebih tinggi daripada rata-rata (Mean) kelas kontrol atau (74,91 > 61,86). Pada tabel, tampak bahwa sig = 0,084. Karena nilai sig. > 0,05 atau 0,084 > 0,05 maka dapat dikatakan data yang diuji memilki varians homogen. Berdasarkan pedoman kriteria pengujian, jika p signifikansi ≤ 0,05 maka hipotesis nihil (H0) ditolak berarti hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Quantum Teaching disertai LKS berbasis representasi gambar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Fisika (Materi Momentum dan Impuls) SMA di Jember. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, maka kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Keterampilan proses sains siswa SMA selama pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran quantum teaching disertai LKS berbasis representasi gambar untuk persentase rata-rata keseluruhan aspeknya sebesar 91,5% sehingga dapat digolongkan dalam kriteria sangat baik, (2) ada pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran quantum teaching disertai LKS berbasis representasi gambar terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika di SMA.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84683
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository