PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk
menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Kontekstual untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SMP.
Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Kontekstual untuk
meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SMP
menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Keterbatasan
waktu dan biaya menyebabkan penelitian pengembangan ini memodifikasi model
pengembangan perangkat pembelajaran 4-D menjadi tiga tahapan yaitu tahap
pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Alat perolehan data
yang digunakan adalah lembar validasi, lembar angket respon, serta lembar pretest
dan post-test. Metode perolehan data yang digunakan adalah wawancara,
dokumentasi, validasi logic, angket, dan tes. Data yang didapatkan adalah validasi
logic Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Kontekstual untuk meningkatkan
kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SMP, kemampuan
berpikir kritis siswa, dan respon siswa,.
Hasil validasi logic mendapatkan kesimpulan bahwa Lembar Kegiatan
Siswa (LKS) berbasis Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir
kritis siswa pada pembelajaran IPA di SMP berkategori valid dengan nilai 3,71.
Uji pengembangan dilaksanakan di kelas VII A SMP Negeri 3 Singojuruh. Siswa
kelas VII A SMP Negeri 3 Singojuruh memberikan rata-rata respon 80,55%
positif dan 19,45% negatif terhadap penggunaan Lembar Kegiatan Siswa (LKS)
berbasis Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada
pembelajaran IPA di SMP. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Kontekstual
untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di
SMP memiliki memiliki persentase keaktifan siswa sebesar 76,41% yang berarti
kriteria berpikir kritis siswa memasuki kategori aktif.