• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI SMP

    Thumbnail
    View/Open
    Gita Kurnia Nurpuspitasari 110210102075.pdf (2.516Mb)
    Date
    2018-03-19
    Author
    Nurpuspitasari, Gita Kurnia
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SMP. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SMP menggunakan model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D. Keterbatasan waktu dan biaya menyebabkan penelitian pengembangan ini memodifikasi model pengembangan perangkat pembelajaran 4-D menjadi tiga tahapan yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, dan tahap pengembangan. Alat perolehan data yang digunakan adalah lembar validasi, lembar angket respon, serta lembar pretest dan post-test. Metode perolehan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, validasi logic, angket, dan tes. Data yang didapatkan adalah validasi logic Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SMP, kemampuan berpikir kritis siswa, dan respon siswa,. Hasil validasi logic mendapatkan kesimpulan bahwa Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SMP berkategori valid dengan nilai 3,71. Uji pengembangan dilaksanakan di kelas VII A SMP Negeri 3 Singojuruh. Siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Singojuruh memberikan rata-rata respon 80,55% positif dan 19,45% negatif terhadap penggunaan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SMP. Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di SMP memiliki memiliki persentase keaktifan siswa sebesar 76,41% yang berarti kriteria berpikir kritis siswa memasuki kategori aktif.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84665
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository