Show simple item record

dc.contributor.advisorMurdyastuti, Anastasia
dc.contributor.advisorAzhari, Abdul Kholiq
dc.contributor.authorKamila, Dhia Atika
dc.date.accessioned2018-03-15T04:46:32Z
dc.date.available2018-03-15T04:46:32Z
dc.date.issued2018-03-15
dc.identifier.nim130910201046
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84592
dc.description.abstractJenis penelitian ini adalah tipe penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif dengan fokus penelitian menggambarkan inovasi pelayanan e-KTP melalui program PELANDUK CEPAT dari segi inovasi proses layanan, dan faktor penghambat inovasi. Lokasi penelitian adalah Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Situbondo. Waktu penelitian dilakukan pada 29 Maret – 29 Mei 2017. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi dengan data sekunder melalui dokumentasi dan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman. Derajat kepercayaan (validitas) menggunakan triangulasi sumber Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat dijelaskan bahwa dahulu pelayanan e-KTP itu sangatlah rumit karena prosedur yang panjang dan persyaratan yang banyak. Maka dari itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Situbondo melakukan inovasi layanan e-KTP keliling ke seluruh wilayah pedesaan agar mempermudah pemohon untuk mengurus e-KTP. Hingga akhirnya terbentuk sebuah tim khusus yang diperintah sesuai SK dan Surat Tugas untuk melakukan layanan keliling yang dinamakan PELANDUK CEPAT. Layanan ini sudah direncakan pada tahun 2014 dan berjalan sejak pertengahan 2015 namun masih tidak ada konsistensi jadwal. Selain membentuk tim, Dispenduk Capil Kabupaten Situbondo juga merubah struktur organisasi untuk mendukung layanan dan inovasi ini. Berdasarkan surat edaran oleh KEMENPAN RB pada bulan Mei 2016, persyaratan yang sebelumnya sangat banyak, kemudian dilakukan penyederhanaan prosedur. Pemohon cukup membawa satu lembar foto copy Kartu Keluarga sebagai persyaratan utama. Meskipun dilakukan penyederhanaan, rupanya tetap saja tidak membangun kesadaran masyarakat untuk mengurus e-KTP. Masih terdapat beberapa kendala yang terjadi selama proses layanan keliling seperti kurangnya informasi yang diperoleh masyarakat sehingga mengakibatkan miskomunikas dan lemahnya jaringan internet.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectELANDUK CEPAT (pelayanan kependudukan cetak di tempat) olehen_US
dc.subjectPelayanan e-KTPen_US
dc.titleINOVASI PELAYANAN e-KTP MELALUI PROGRAM PELANDUK CEPAT (Pelayanan Kependudukan Cetak di Tempat) OLEH DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SITUBONDOen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record