PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. TIKI JALUR NUGRAHA EKAKURIR (JNE) CABANG JEMBER
Abstract
Penelitian ini berjudul “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Konsumen Pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Jember.
Kebutuhan akan jasa pengiriman sekarang ini banyak dibutuhkan oleh masyarakat
untuk mengirim paket atau dokumen ke tempat tujuan tanpa mengantarkannya
sendiri. JNE Jember memberikan berbagai macam kualitas pelayanan yang
diberikan kepada konsumen tetapi tidak semua pelayanan diberikan secara
maksimal oleh perusahaan kepada konsumen masih ada beberapa pelayanan yang
kurang memuaskan salah satunya terjadi kesalahan pengiriman dan keterlambatan
pengiriman barang ke tempat tujuan. Oleh sebab itu permasalah yang dibahas
peneliti yaitu ,”Apakah Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Konsumen Pada PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Cabang Jember ?”
Berdasarkan permasalah dan tujuan penelitian maka tipe penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
analisis regresi linear berganda dimana untuk mengetahui pengaruh masing masing
dari lima variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dan pengaruh
secara bersama sama lima variabel terhadap kepuasan konsumen. Sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah sejumlah 115 responden.
Hasil pengujian menunjukan bahwa dari lima variabel secara bersama sama
berpengaruh signifika terhadap kepuasan konsumen tetapi pengaruh secara masing
masing variabel terdapat salah satu yang tidak signifikan pada variabel keandalan.
Pada uji f (simultan) memberikan pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen
tetapi pada variabel keandalan tidak ada pengaruh terhadap kepuasan konsumen.
(semakin tinggi kualita pelayanan maka akan semakin tinggi pula kepuasan
konsumen, atau semakin rendah kualitas maka akan semakin rendah kepuasan
konsumen)