PENERAPAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN MEMBERIKAN PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 JEMBER
Abstract
Keterampilan dasar mengajar merupakan bagian dari kompetensi pedagogik
yang dituntut untuk dilaksanakan di dalam proses pembelajaran. Keterampilan dasar
mengajar dibagi menjadi delapan. Dua di antaranya adalah keterampilan bertanya dan
keterampilan memberikan penguatan. Pertanyaan yang diberikan akan mendapat
respon dari siswa, yaitu berupa jawaban yang dikemukakan. Jawaban tersebut
memerlukan suatu penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada siswa. Penghargaan
ini disebut penguatan. Kedua keterampilan tersebut memiliki tujuan agar siswa
mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Oleh karena itu, penelitian ini
difokuskan pada kemampuan guru dalam bertanya dan memberikan penguatan untuk
menampilkan contoh atau model guru dalam memberikan pertanyaan dan pernyataan
penguatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, penerapan keterampilan bertanya
berdasarkan aspek komponen, jenis, prinsip, dan tujuan dalam pembelajaran bahasa
Indonesia, penerapan keterampilan memberikan penguatan berdasarkan aspek
komponen, prinsip, cara menggunakan penguatan dan tujuan, respon siswa terhadap
pemberian pertanyaan, serta respon siswa terhadap pernyataan penguatan.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif observasional. Data dalam penelitian ini berupa pertanyaan dan
pernyataan penguatan lisan dan non lisan oleh guru, informasi verbal dan nonverbal
siswa tentang respon terhadap pemberian pertanyaan dan pernyataan penguatan, serta
situasi proses pembelajaran. Sumber data yang digunakan adalah satu guru bahasa
Indonesia dan siswa kelas VII, serta situasi proses pembelajaran. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah analisis deskriptif Miles dan Hubberman, yaitu reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan.