• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN KETERAMPILAN BERTANYA DAN MEMBERIKAN PENGUATAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP NEGERI 4 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Arida Rusmayanti 130210402029.pdf SDH.pdf (2.378Mb)
    Date
    2018-03-14
    Author
    Rusmayanti, Arida
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Keterampilan dasar mengajar merupakan bagian dari kompetensi pedagogik yang dituntut untuk dilaksanakan di dalam proses pembelajaran. Keterampilan dasar mengajar dibagi menjadi delapan. Dua di antaranya adalah keterampilan bertanya dan keterampilan memberikan penguatan. Pertanyaan yang diberikan akan mendapat respon dari siswa, yaitu berupa jawaban yang dikemukakan. Jawaban tersebut memerlukan suatu penghargaan sebagai bentuk apresiasi kepada siswa. Penghargaan ini disebut penguatan. Kedua keterampilan tersebut memiliki tujuan agar siswa mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Oleh karena itu, penelitian ini difokuskan pada kemampuan guru dalam bertanya dan memberikan penguatan untuk menampilkan contoh atau model guru dalam memberikan pertanyaan dan pernyataan penguatan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu, penerapan keterampilan bertanya berdasarkan aspek komponen, jenis, prinsip, dan tujuan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, penerapan keterampilan memberikan penguatan berdasarkan aspek komponen, prinsip, cara menggunakan penguatan dan tujuan, respon siswa terhadap pemberian pertanyaan, serta respon siswa terhadap pernyataan penguatan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif observasional. Data dalam penelitian ini berupa pertanyaan dan pernyataan penguatan lisan dan non lisan oleh guru, informasi verbal dan nonverbal siswa tentang respon terhadap pemberian pertanyaan dan pernyataan penguatan, serta situasi proses pembelajaran. Sumber data yang digunakan adalah satu guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VII, serta situasi proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif Miles dan Hubberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/84569
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository