HUBUNGAN KEMAMPUAN SPASIAL DAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI BALUNG TAHUN AJARAN 2016/2017
Abstract
Hasil belajar matematika siswa merupakan salah satu cara melihat tercapai
atau tidaknya tujuan pendidikan dan pembelajaran matematika di sekolah. Hasil
belajar matematika siswa dipengaruhi oleh faktor intern dan faktor ekstern. Faktor
intern adalah faktor yang berasal dari dalam individu siswa, sedangkan faktor ekstern
adalah faktor yang berasal dari luar individu siswa. Salah satu faktor intern yang dapat
menunjang keberhasilan belajar matematika yaitu kemampuan spasial dan
kemampuan penalaran matematis. Kemampuan spasial adalah kemampuan untuk
mengenali berbagai hubungan dalam bentuk visual. Sedangkan kemampuan penalaran
matematis adalah kemampuan menarik kesimpulan yang tepat berdasarkan pernyataan
yang kebenarannya telah dibuktikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
hubungan kemampuan spasial dan kemampuan penalaran matematis siswa dengan
hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri Balung tahun ajaran 2016/2017.
Hasil belajar yang dimaksud dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang bersifat
kognitif yaitu berupa hasil nilai UTS semester genap siswa kelas XI SMA Negeri
Balung tahun ajaran 2016/2017.